Selasa, 23 Mei 2017

PSSI Pastikan Liga 1 Bergulir 15 April

id liga indonesia
PSSI Pastikan Liga 1 Bergulir 15 April
Salah satu pertandingan di Liga Indonesia belum lama ini. (foto ilustrasi)
Jakarta, (ANTARAGORONTALO) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia  memastikan kompetisi liga tertinggi di Indonesia, Liga 1, mulai bergulir pada Sabtu, 15 April 2017.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Umum PSSI Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi dalam pertemuan dengan perwakilan 18 klub peserta Liga 1 di Markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Makostrad), Jakarta.

"Pertemuan dengan klub pada hari ini (Kamis) untuk membahas hal itu. Untuk rincian liga akan disampaikan dua minggu ke depan," ujar Edy usai pertemuan tersebut.

Terkait pelaksana liga, PSSI menunjuk PT Liga Indonesia Baru sebagai operator. Di jajaran pengurus ini, nama Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) Glenn T. Sugita dipilih sebagai Komisaris Utama. Sementara Bendahara Umum PSSI Berlinton Siahaan mengisi posisi Direktur Utama.

"Mereka dipilih karena profesional dan menguasai bidangnya. Terkait pembagian saham, PSSI memiliki satu persen saham PT Liga Indonesia Baru," tutur Edy.

Klub-klub yang mengikuti Liga 1, kata Edy, nantinya mendapatkan dana pembinaan masing-masing sebesar Rp7,5 miliar.

Untuk regulasi, PSSI menyatakan tidak jauh berbeda dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya seperti setiap klub hanya boleh mengontrak maksimal tiga pemain asing, di mana dua orang merupakan pemain non-Asia dan satu pemain Asia atau disebut aturan dua plus satu.

Namun, klub bisa memiliki empat pemain asing kalau bisa mendatangkan pesepak bola ternama atau disebut "marquee player".

Syarat "marquee player" yang ditetapkan PSSI adalah umur harus di bawah 35 tahun, pernah bermain setidaknya di tiga putaran Piala Dunia terakhir (untuk hal ini pada tahun 2006, 2010, dan 2014) dan bisa berasal dari negara mana saja.

Salah satu "marquee player" yang sudah mengonfirmasi kepastian bermain di Liga 1 adalah Michael Essien yang telah dikontrak Persib Bandung.

Kemudian, setiap klub diharuskan mengontrak sedikit-dikitnya lima pemain dengan umur di bawah 23 tahun (U-23) dan wajib memainkan paling sedikit tiga orang pada setiap laga.

"Aturan tentang ini sama seperti Piala Presiden 2017," kata Wakil Ketua Umum PSSI Djoko Driyono.

Jika benar demikian, maka para pemain U-23 itu wajib dimainkan dengan durasi total minimal 45 menit.

Terakhir, aturan yang akan diterapkan adalah pembatasan usia pemain. Satu tim mesti memiliki maksimal dua orang pemain dengan usia 35 tahun ke atas.

Perihal permasalahan sponsor dan lain-lain yang bersifat teknis, masih akan diputuskan kemudian. "Kami akan membicarakan lagi dengan klub," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Berlinton Siahaan.

Editor: Hence Paat

COPYRIGHT © ANTARA 2017