Jumat, 23 Juni 2017

Pemkab Pohuwato Hadirkan "Gema Panua" Tingkatkan Pelayanan

id Pemkab Pohuwato Hadirkan "Gema Panua" Tingkatkan Pelayanan
Pemkab Pohuwato Hadirkan
Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga (foto ist)
Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato hadirkan "Gerakan Bersama Pelayanan Untuk Semua" (Gema Panua), guna meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat dari semua bidang.

"Khusus Kabupaten Pohuwato, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat seperti perizinan, administrasi kependudukan, jaminan sosial serta pelayanan lainnya, maka dihadirkan konsep Gema Panua," kata Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, saat pelaksanaan HUT Kabupaten Pohuwato ke 14, Sabtu (6/5).

Gema Panua dihadirkan agar indeks pelayanan pemerintahan Kabupaten Pohuwato terus naik, lewat konsep Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkantor di salah satu desa, hadir di semua kecamatan secara bergilir.

Bupati menjelaskan lewat reformasi birokrasi, masyarakat harus betul-betul mengubah keinginan dan harapan masyarakat, sehingga daerah harus memiliki inovasi sendiri dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya.

Bentuk kegiatan adalah seluruh OPD serta rumpun pelayanan kecamatan serta aparatur pemerintah desa, berkantor di salah satu desa memberikan pelayanan sejak jam 8 pagi hingga malam hari.

Dari hasil evaluasi sendiri, lewat pelayanan konsep Gema Panua terbukti telah memberikan manfaat yang tinggi, hal ini dapat dilihat dari beberapa hasil jumlah pelayanan yang naik secara signifikan.

"Contoh pelayanan usulan jaminan sosial, selama 10 hari di setiap kecamatan terlayani sebanyak 5.936 orang, jika dibandingkan 2016 yang pelayanannya terpusat di kantor kabupaten dalam 10 hari hanya ada 32 orang," jelas Syarif.

Begitu juga dengan pelayanan administrasi kependudukan, dalam 10 hari ada 2.713 orang yang terlayani, sementara pada tahun 2016 dengan pelayanan yang terpusat di perkantoran kabupaten dalam 10 hari hanya ada 282 orang.

Menurutnya, masih banyak indeks pelayanan yang naik lewat Gema Panua dibandingkan dengan pelayanan yang terpusat di kantor pemerintahan, namun lewat beberap contoh tadi, pemerintah kabupaten Pohuwato meyakini bahwa lewat konsep ini manfaatnya sangat disenangi masyarakat.

Editor: Hence Paat

COPYRIGHT © ANTARA 2017