Jumat, 23 Juni 2017

Pemkab Gorontalo Sediakan Minyak Tanah Untuk Tumbilotohe

id Pemkab Gorontalo Sediakan Minyak Tanah Untuk Tumbilotohe
Pemkab Gorontalo Sediakan Minyak Tanah Untuk Tumbilotohe
Penjualan Lampu Untuk Tumbilotohe
Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyediakan 4.000 liter minyak tanah untuk memeriahkan perayaan tradisi Tumbilotohe di setiap kecamatan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gorontalo, Ruslan Tatu, Jumat, mengatakan minyak tanah itu sudah siap didistribusikan ke kecamatan, setiap kecamatan diberi satu drum berisikan 200 liter.

"Minyak tanah menjadi bahan bakar lampu minyak atau obor pada Tumbilotohe, dan pembagian ini dilakukan di pusat festival masing-masing kecamatan," katanya.

Tujuan Pemkab memberikan bantuan minyak tanah, agar masyarakat terbantu untuk memeriahkan tradisi tumbilotohe, mengingat harga minyak tanah yang semakin mahal bahkan sulit mendapatkannya.

"Kami ingin tradisi Tumbilotohe semakin meriah dan lebih dikenal oleh masyarakat domestik maupun mancanegara," ia mengungkapkan.

Khusus Pemkab Gorontalo pelaksanaan Festival Tumbilotohe dipusatkan di pesisir Danau Limboto.

Tumbilotohe atau pasang lampu adalah tradisi pada tiga malam di penghujung Ramadhan dengan menyalakan lampu-lampu tradisional.

Setiap halaman rumah warga dipasangi puluhan hingga ratusan lampu yang letaknya didesain menurut keinginan masing-masing.

Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar Festival Tumbilotohe setiap tahun untuk mengangkat kembali nilai-nilai agama dan budaya lokal dari tradisi tersebut.

Editor: Hence Paat

COPYRIGHT © ANTARA 2017