Selasa, 25 Juli 2017

Dinkes Gorontalo Bangun 49 Pos Pelayanan Kesehatan

id Dinkes Gorontalo Bangun 49 Pos Pelayanan Kesehatan
Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menyiapkan 49 pos pelayanan kesehatan di seluruh kabupaten dan kota di wilayah tersebut.

Kepala UPTD Badan Pelaksana Kesehatan Mandiri (BAPELKESMAN) Provinsi Gorontalo, Adriyanto di Gorontalo, Sabtu, mengatakan untuk Kabupaten Gorontalo, pos kesehatan ditempatkan di 10 tempat berbeda di antaranya Area RSUD MM Dunda, Dinas Kesejatan, Puskesmas (PKM) Telaga, Telaga Biru, Limboto, Limboto Barat, PKM Tibawa, PKM Buhu, PKM Pulubala dan Boliyohuto.

Untuk Kabupaten Bone Bolango berada di RSUD Toto Kabila, RSUD Tombulilato dan kantor Dinas Kesehatan setempat. Untuk Kabupaten Pohuwato berada di RSUD Bumi Panua, Dinas kesehatan Pohuwato, PKM Paguat, PKM Marisa, PKM Patilanggio dan PKM Popayato Barat.

Di Kota Gorontalo berada di RSUD Aloe Saboe, RSUD Otanaha, Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, PKM Kota Tengah, Utara, Timur, Selatan, Sipatana, Pilolodaa dan PKM Dumbo Raya.

Kabupaten Boalemo memiliki 13 pos yankes, masing-masing di RSUD Tani dan Nelayan, Dinas Kesehatan Boalemo, PKM Mananggu, Botumoito, Tilamuta, Pangi, Bongo Nol. Dan PKM Paguyaman, PKM Berlian, Dulupi, Bongo II, Saritani dan PKM Paguyaman Pantai.

Sedangkan Kabupaten Gorontalo Utara berada di RSUD Zus, Dinas Kesehatan, PKM Atinggola, PKM Gentuma, PKM Dambalo, PKM Kwandang dan PKM Molingkapoto.

Adriyanto mengatakan selain pos yankes, Dinas Kesehatan juga menyiagakan tenaga medis di enam pos terpadu di jalur mudik yang ada di wilayah itu.

"Pos terpadu berada di terminal 42 Andalas, Pelabuhan penyebarangan, Kota Gorontalo, Pantai Botutonuo di Kabupaten Bone Bolango, Kecamatan Atinggola di Gorontalo Utara, Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) Tilamuta di Kabupaten Boalemo dan terminal Molosipat di Kabupaten Pohuwato," katanya.

Ia menjelaskan pos terpadu tersebut dikonsentrasikan di tempat-tempat kemacetan yang menjadi akses para pemudik lebaran.

"Mobilitas pelayanan kesehatan saat arus mudik ataupun lebaran ketupat pasti terganggu akibat padatnya lalu lintas, oleh karena itu kita buatkan pos," ujarnya.

Editor: Hence Paat

COPYRIGHT © ANTARA 2017