Jumat, 22 September 2017

Cara Ekuador ucapkan selamat HUT ke-72 RI

id Cara Ekuador ucapkan selamat HUT ke-72 RI
Cara Ekuador ucapkan selamat HUT ke-72 RI
Duta Besar RI untuk Ekuador Diennaryati Tjokrosuprihatono dan karangan bunga dari Presiden Ekuador Lenin Moreno Garces (foto : KBRI Quito)
Jakarta (ANTARA GORONTALO) - Duta Besar RI untuk Ekuador Diennaryati Tjokrosuprihatono mengatakan KBRI Quito telah menerima karangan bunga mawar berukuran besar dari Presiden Ekuador Lenin Moreno Garces yang dikirim sehari menjelang upacara untuk memperingati HUT ke-72 Republik Indonesia di Quito.

"Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Presiden Lenin Moreno Garces yang telah mengirim bunga mawar dan juga perhatian CEO Sertecpet dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72," kata Dubes Diennaryati dalam pesan singkat melalui whatsapp yang diterima Antara di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan KBRI Quito mendapat penghargaan yang membanggakan sekaligus mengharukan meskipun resepsi diplomatik akan diselenggarakan pada September nanti.

Setelah menyelenggarakan upacara HUT RI ke-27, KBRI Quito menyelenggarakan lomba rakyat, permainan tradisional yang diikuti oleh WNI di Ekuador serta warga masyarakat Ekuador serta hiburan tari tradisional khas melayu.

Peringatan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72 juga diselenggarakan oleh KBRI Tunis dan KBRI Khartoum yang berlangsung secara khidmat.

Aries Abdul Haries Ghifarie, staf di Pensosbud KBRI Tunis, mengatakan Duta Besar RI Tunis, Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti memimpin langsung Upacara Penaikan Bendera di halaman Wisma Duta pada Kamis (17/8) tepat pada pukul 08.00 waktu setempat.

Dalam sambutannya, Dubes RI mengingatkan agar "kita bersatu padu bekerja bersama-sama untuk membangun bangsa, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kebhinekatunggalikaan".

Rangkaian acara menarik juga menghiasi penyelenggaraan peringatan HUT ke-72 RI setelah pelaksanaan Upacara Penaikan Bendera. Sekitar 100 warga masyarakat Indonesia dan tamu undangan menghadiri upacara itu yang terdiri atas staf KBRI Tunis beserta keluarga, mahasiswa Indonesia, keluarga PT Medco Energy Tunisia, jurnalis Tunisia dan para mahasiswa Tunisia yang merupakan alumni program beasiswa Indonesia seperti beasiswa Darmasiswa dan KNB serta masyarakat Indonesia lainnya.

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan acara perlombaan untuk kategori anak-anak dan acara hiburan seperti lomba memasukan pulpen ke botol, tarik tambang, joget balon dan melempar bola ke dalam baskom serta pertunjukan angklung dan band KBRI.

Pada sore harinya dilakukan upacara Penurunan Bendera sebagai penutup rangkaian peringatan HUT RI ke-72 di Tunisia.

Dilaporkan dari Khartoum, upacara bendera yang semula akan dilaksanakan pukul 08.30 waktu setempat Kamis terpaksa ditunda karena hujan turun deras di ibu kota Sudan itu dan sekitarnya.

Namun semangat warga negara Indonesia yang berniat ingin menghadiri upacara tidak turun, kata Sidiq Mustaqim, seorang mahasiswa Indonesia, kepada Antara.

Upacara yang dipimpin Dubes RI untuk Sudan dan Eritria Burhanuddin Badruzzaman di Wisma Duta dihadiri berbagai unsur masyarakat Indonesia terutama staf KBRI Khartoum, mahasiswa dan personel TNI yang sedang bertugas dalam misi perdamaian di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa di Darfur.

"Upacara pengibaran bendera Merah Putih berlangsung lancar dan khidmat dengan suasana sejuk dan segar setelah hujan turun sejak semalam," kata Sidiq, mantan sekretaris jenderal PPI Sudan.

Editor: Hence Paat

COPYRIGHT © ANTARA 2017