Jumat, 22 September 2017

PLTB terbesar di Indonesia beroperasi Desember 2017

id PLTB terbesar di Indonesia beroperasi Desember 2017
PLTB terbesar di Indonesia beroperasi Desember 2017
Syahrul Yasin Limpo (foto ist)
Makassar (ANTARA GORONTALO) - Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, Sulawesi Selatan, yang merupakan PLTB terbesar di Indonesia ditargetkan akan beroperasi pada Desember 2017.

"Operasional Desember," ujar Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di sela peninjauan PLTB Sidrap di Kampung Pabbaresseng, Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Rabu.

Gubernur berharap peresmian proyek ini pada Desember dapat dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi. "Kami sedang melakukan pendekatan untuk itu," tambahnya.

Menurut gubernur, proyek ini merupakan proyek yang cukup fenomenal mengingat ini pertamakalinya PLTB skala besar dibangun di Sulsel bahkan di Indonesia.

Pihaknya, kata Syahrul, akan kembali mengunjungi lokasi proyek ini pada 29 September mendatang bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). "Kami akan datang kembali untuk pengangkatan kincir," imbuhnya.

Gubernur pada kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasinya karena proyek tersebut menggunakan 70 persen tenaga kerja lokal. "Bahkan towernya itu buatan Indonesia," kata Syahrul.

Senior Project Developer UPC Sidrap Bayu Energi Niko Priyambodo membenarkan bahwa proyek ini ditargetkan operasional pada Desember mendatang.

"Target operasi Desember, PLTB ini akan memiliki kapasitas 75 MW yang dihasilkan dari 30 turbin," kata Niko.

Gubernur menggunakan helikopter PUMA dari Makassar ke lokasi, didampingi General Manager PT PLN (Persero) Sulselrabar Bob Saril dan Direktur Bisnis Syamsul Huda.

Hadir pula Kepala Dinas ESDM Sulsel Gunawan Palaguna, Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel, Andi Darmawan Bintang, Kepala Dinas Perindustrian Ahmadi Akil dan Kepala Biro Humas dan Protokol Devy Khaddafi.

Editor: Hence Paat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Top News