Jumat, 22 September 2017

Produksi Kue "pia" Gorontalo Meningkat Jelang FPDL

id Produksi Kue "pia" Gorontalo Meningkat Jelang FPDL

Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Produksi kuliner atau kue pia, yang dijadikan kudapan oleh-oleh khas Gorontalo meningkat hingga 25 persen jelang pelaksanaan Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) 2017.

Viranti Suleman, salah seorang karyawan di toko penjualan Pia Saronde di Kota Gorontalo, Rabu, mengatakan pihaknya telah siap dengan kunjungan pembeli yang lebih banyak jelang festival yang merupakan agenda wisata tersebut.

"Produksi kami dalam sehari biasanya berjumlah 8.000 buah pia, namun jelang Festival Pesona Danau Limboto ditambah menjadi 10.000 buah setiap hari," ungkapnya.

Ia menjelaskan, kue pia merupakan salah satu kudapan yang sering dicari oleh wisawatan saat berkunjung ke Gorontalo untuk dibawa pulang ke daerah mereka.

"Tidak hanya Gorontalo, banyak pembeli dari luar daerah maupun mancanegara yang membeli pia kami sebagai oleh-oleh," kata Viranti, lagi.

Kue pia reguler di tempat itu dijual dengan harga Rp45 ribu dan topping cokelat lilit keju Rp50 ribu. sedangkan aneka rasa yang di tawarkan yaitu pia rasa durian, cokelat kacang, topping cokelat, lilit keju, keju, cokelat, kacang ijo dan krim susu.

"Sedangkan kue pia yang paling banyak diminati yaitu pia cokelat atau keju," tambahnya.

Sementara itu, Rusni salah seorang pembeli asal Jakarta mengaku membeli pia untuk oleh-oleh bagi keluarga.

"Saya suka pia rasa durian dan cokelat, ini oleh-oleh yang selalu saya bawa jika berkunjung ke Gorontalo untuk dibagikan kepada keluarga di Jakarta," ungkapnya.

Festival Pesona Danau Limboto yang akan digelar di Kabupaten Gorontalo merupakan sarana promosi untuk memperkenalkan potensi wisata dan budaya serta pelestarian dan kampanye penyelamatan Danau Limboto.

Editor: Hence Paat

COPYRIGHT © ANTARA 2017