saya sangat mengapresiasi Wali Kota Denpasar yang masih menjaga keberadaan tempat-tempat bersejarah
Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali mendapat kunjungan dari delegasi Kota Marseille, Perancis karena dinilai berhasil mengembangkan dan mengelola pariwisata budaya.

"Kedatangan saya ke Pemerintah Denpasar untuk bertemu dengan Bapak Wali Kota Dharmawijaya Rai Mantra guna menjalin kerja sama yang erat dengan Kota Denpasar mengenai pariwisata, seni budaya dan di bidang ekonomi kreatif," kata Wakil Wali Kota Marseille Perancis Bidang Perhubungan International dan Mediteranian, Jean Roatta, saat bertatap muka dengan Wali Kota Denpasar Rai Dhamawijaya Mantra di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan antara Kota Denpasar dengan Kota Marseille banyak persamaan, untuk itu pihaknya ingin sekali mengadakan kerja sama tersebut.

Selain itu, kata dia, penerbangan maskapai Turkish Airline langsung dari Marseille-Bandara Ngurah Rai, Bali melalui Instanbul telah ada sejak bulan Juli 2019.

"Saya sangat mengapresiasi Wali Kota Denpasar yang masih menjaga keberadaan tempat-tempat bersejarah 'heritage' serta cagar budaya yang ada di Denpasar dan bisa menjadikan sebagai salah satu destinasi wisata Kota Denpasar. Karena kalau hanya menonjolkan keindahan alam, masih banyak tempat-tempat indah di belahan dunia ini. Untuk itu saya sangat tertarik dengan 'culture tourism' di Denpasar," ucapnya.

Jean Roatta lebih lanjut mengatakan pihaknya dalam kesempatan ini ingin melakukan pertukaran budaya Kota Denpasar dan ingin mengundang Denpasar untuk menampilkan kebudayaan dan kesenian saat parade festival di Marseille.

Sementara Wali Kota Rai Mantra menyambut baik kedatangan Wakil Wali Kota Marseille untuk menjalin kerja sama dengan Pemkot Denpasar khususnya di bidang pariwisata budaya. Karena banyak sekali tempat-tempat bersejarah di Denpasar bisa dikunjungi oleh tamu mancanegara yang dapat dijadikan wisata budaya.

"Saya sangat senang kalau bisa menjalin kerja sama di bidang pariwisata budaya dengan Pemerintah Marseille dan alangkah baiknya selain pariwisata budaya, bisa terjadinya kolaborasi budaya antara Denpasar dengan Marseille," katanya.

Ia juga mengundang Pemerintah Marseille untuk bisa hadir di dalam 'Denpasar Festival' pada akhir tahun ini untuk ikut berkolaborasi menampilkan kesenian budaya Marseille di 'Denfest 2019'.

Baca juga: Pemkot Denpasar terima tawaran kerja sama Pemerintah Vietnam
Baca juga: Universitas di Korea Selatan Jalin Kerja Sama dengan ISI Denpasar
Baca juga: Pakistan jajaki kerja sama pariwisata dengan Bali

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019