Boyolali (ANTARA) - Tujuh orang haji kelompok terbang (kloter) 82 asal Debarkasi Surakarta Jawa Tengah, setibanya di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Rabu, terpaksa harus dinaikkan mobil ambulans karena sakit.

Haji kloter 82 asal Kabupaten Semarang sebanyak 359 orang tiba di Bandara Adi Soemarmo, pada pukul 07.16 WIB atau lebih cepat lima jam sembilan menit dari waktu yang dijadwalkan semula.

Bahkan, haji kloter 82 tersebut tibanya mendahului kloter 81 gabungan asal Kabupaten Demak, Semarang dan Kota Salatiga. Haji kloter 81 sesuai jadwal kedatangannya di bandara sekitar pukul 09.50 WIB.

Tujuh haji kloter 82 setibanya di asrama haji Donohudan Boyolali, langsung dibawa ke Poliklinik untuk menjalani pemeriksaan oleh tim dokter asrama haji. Ada tiga unit mobil ambulans yang membawa tujuh haji itu menuju asrama.

Menurut Kepala Sub Bagian Penerangan, Humas, dan Protokol Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta Agus Widakdo ada tujuh haji yang dinaikan mobil ambulans menuju asrama haji karena sakit dan kelelahan sepulangnya berhaji.

Namun, dua dari tujuh haji yang dinaikkan ambulans setelah menjalani pemeriksaan di Poliklinik asrama Donohudan, kemudian bisa bergabung dengan kloternya naik bus untuk dipulangkan ke daerah asal. Dua haji itu, harus menggunakan alat bantu kursi roda.

Menurut dia, haji yang setibanya di asrama haji Donohudan Boyolali jika hasil pemeriksaan oleh tim dokter perlu dirujuk, maka mereka dibawa ke Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Solo untuk perawatan intensif, namun jika mereka minta dirawat di daerah asal akan dipulangkan dengan naik mobil ambulans ke Kabupaten Semarang.

PPIH Debarkasi Surakarta hingga kedatangan haji kloter 82 ini, jumlah seluruhnya yang sudah dipulangkan ke daerah asal sebanyak 28.996 orang atau 83,4 persen dari total 34.756 orang yang diberangkatkan berhaji di Tanah Suci.

Jumlah jamaah haji asal Debarkasi Surakarta yang meninggal dunia hingga kedatangan kloter 82 ini, sebanyak 66 orang yang terdiri dari 65 meninggal di Tanah Suci, dan 1 lainnya di asrama haji Donohudan Boyolali.

"Kami kini masih menunggu kedatangan haji kloter 81 dengan sebanyak 358 jamaah, dan dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, sekitar puku 09.50 WIB," katanya. 

Baca juga: Bertambah menjadi 66 jamaah haji Debarkasi Surakarta yang meninggal
Baca juga: Jamaah haji Debarkasi Surakarta meninggal menjadi 63 orang
Baca juga: 19.345 haji Debarkasi Surakarta dipulangkan ke daerah asal




 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019