Selama ini mungkin banyak juga yang dikait-kaitkan ke politik, sebisa mungkin dikurangi agar lebih fokus pada pemberdayaan dan kapasitas anggota Hipmi.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) terpilih untuk periode 2019-2022 diharapkan lebih fokus pada pemberdayaan sumber daya manusia, bukan terhadap agenda politik.

Ketua Pengarah Musyawarah Nasional (Munas) XVI Hipmi, Anggawira, menilai bahwa Ketua Umum Hipmi terpilih dapat mengoptimalkan anggota dan para wirausahawan dengan mengadakan pelatihan (training) untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

"Selama ini mungkin banyak juga yang dikait-kaitkan ke politik, sebisa mungkin dikurangi agar lebih fokus pada pemberdayaan dan kapasitas anggota Hipmi," kata Anggawira saat dihubungi Antara di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, Ketua Hipmi juga diharapkan lebih proaktif dalam mendorong lahirnya entrepreneur baru yang memiliki inovasi dan kreativitas. Inovasi dan kreativitas menjadi kunci agar ekonomi Indonesia dapat lebih kuat, terutama memperbaiki neraca perdagangan yang masih defisit pada Januari-Juli 2019 sebesar 1,98 miliar dolar AS.

Saat ini wirausahawan muda yang aktif dan terdaftar sebagai anggota Hipmi tercatat ada 30.000 orang dan anggota luar biasa (alumni dan senior) hampir 100.000 orang.

Baca juga: Munas HIPMI akan dibuka Presiden Jokowi, ini agendanya

Pemilihan Ketua Umum BPP Hipmi merupakan salah satu agenda utama dalam Munas XVI Hipmi yang digelar pada 15-18 September 2019 di Hotel Sultan, Jakarta.

Rangkaian acara Munas Hipmi diikuti oleh para peserta munas yang terdiri atas fungsionaris BPD dan peninjau fungsionaris BPP, serta undangan yang totalnya lebih dari 2.000 peserta pengusaha dari seluruh Indonesia.

Hari pertama berisi agenda internal Forum Ketua Umum yang disusul dengan sidang Pleno I dan Pleno II pada hari kedua. Selanjutnya, hari ketiga Pleno III dan Pleno IV. Pada Pleno IV ini akan ditentukan siapa yang akan memimpin Hipmi periode 2019-2022.

Selama penyelenggaraan Munas, akan diisi berbagai kegiatan di antaranya Business Matching, Forum Dialog Ekonomi dan Bisnis, dengan topik yang dibahas “Melanjutkan Peran Hipmi sebagai Lokomotif Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan”.

Sejumlah nara sumber yang dijadwalkan akan hadir yaitu Ketua DPR RI yang juga senior Hipmi Bambang Soesatyo, Erick Thohir, Ketua Kadin yang juga senior Hipmi, Rosan P. Roeslani, dan Anggota DPR-RI Maruarar Sirait.request.gif

Sementara itu topik kedua yang dibahas yaitu “Peluang dan Tantangan Ekonomi di Era Revolusi Industri 4.0”.
Baca juga: Ketum HIPMI terpilih diharapkan proaktif ciptakan wirausahawan baru

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019