Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Italia memastikan catatan sempurna sepanjang fase kualifikasi Piala Eropa 2020 usai menang telak 9-1 atas tamunya Armenia dalam laga pemungkas Grup J di Stadion Renzo Barbera, Palermo, Senin setempat (Selasa WIB).

Hasil itu jadi kemenangan ke-10 Italia dalam 10 pertandingan mereka di fase kualifikasi alias catatan sapu bersih.
Baca juga: Italia mantapkan puncak klasemen tanpa kekalahan

Italia, yang sudah memastikan satu tempat di putaran final sebulan silam, meraup 30 poin penuh dan kokoh di puncak klasemen akhir Grup J, sedangkan Armenia (10) harus rela turun ke peringkat kelima, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dominasi penuh Italia sepanjang babak pertama berbuah keunggulan tegas 4-0 berkat dwigol Ciro Immobile serta gol-gol Nicolo Zaniolo dan Nicolo Barella.

Zaniolo lantas melanjutkan pesta gol Italia pada babak kedua, yang disusul gol Alessio Romagnoli, penalti Jorginho serta gol lain dari Riccardo Orsolini.

Armenia sempat membalas melalui Edgar Babayan, sebelum Federico Chiesa melengkapi kemenangan Italia menjadi 9-1.


Finlandia kalah, Bosnia menang

Dalam dua laga lain yang berlangsung bersamaan rekan Finlandia yang juga sudah lolos ke putaran final menelan kekalahan dari tuan rumah Yunani, sedangkan Bosnia-Herzegovina yang bakal melakoni fase playoff menang di markas Liechtenstein.

Bertandang ke Athena, Finlandia yang bakal melakoni debut di putaran final Piala Eropa 2020 sempat tampil meyakinkan dan unggul hingga babak pertama usai berkat gol Teemu Pukki.

Baca juga: Finlandia lolos ke Piala Eropa untuk pertama kalinya sepanjang sejarah

Sayangnya, keunggulan itu terhapuskan dua menit memasuki babak kedua akibat gol Petros Mantalos sebelum kemudian Yunani membalikkan keadaan melalui Konstantinos Galanopoulos. Keunggulan 2-1 Yunani bertahan hingga laga bubar.

Di Stadion Rheinpark, Bosnia memetik kemenangan meyakinkan 3-0 atas Liechtenstein setelah pembuka keunggulan lewat Eldar Civic diikuti dwigol Armin Hodzic.

Hasil-hasil itu membuat Yunani menempati posisi ketiga klasemen akhir dengan raihan 14 poin, diikuti Bosnia (13) di urutan keempat dan Liechtenstein (2) menjadi juru kunci.

Baca juga: Lumat Gibraltar 6-1, Swiss melaju

Baca juga: Petik satu poin dari Irlandia, Denmark lolos ke putaran final
Dd

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019