Tumbuhkan cinta bahari, TNI-AL tanamkan jiwa maritim sejak dini

Tumbuhkan cinta bahari, TNI-AL tanamkan jiwa maritim sejak dini

Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto dan jajaran bersama anak-anak pemenang lomba mewarnai HUT Armada ke-60 Tahun 2019, Rabu (27/11/2019) . (FOTO ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - TNI Angkatan Laut terus berupaya menanamkan jiwa maritim sejak dini kepada anak-anak sehingga para generasi penerus itu diharapkan dapat tumbuh rasa cintanya terhadap kehidupan bahari yang jadi identitas bangsa Indonesia, kata Komandan Pangkalan TNI-AL (Danlanal)  Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto

"Maka dari itu, di momentum memperingati HUT Armada RI ke-60 Tahun 2019 ini kami banyak menggelar kegiatan lomba untuk anak-anak dan remaja. Seperti lomba kreasi baris-berbaris tingkat SMA sederajat dan lomba mewarnai untuk anak Taman Kanak-Kanak agar menumbuhkan jiwa rasa cinta bahari sejak dini," katanya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu.

Menurut Danlanal, anak-anak dan generasi muda harus tahu bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan negara maritim terbesar di dunia.

Faktanya, panjang pantai Indonesia mencapai 95.181 kilometer atau 25 persen dari panjang pantai dunia. Begitu juga jumlah pulau sekitar 17.500 pulau, menunjukkan rupa bumi Indonesia wilayah lautan lebih besar bila dibandingkan dengan daratan.

"Kami ingin dari bangsa ini dapat terus lahir tenaga maritim yang benar-benar siap bersaing di tingkat global. Oleh karenanya dari anak-anak sekaranglah, nantinya menjadi SDM tangguh yang menasbihkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," katanya didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII Daerah Jalasenastri Koarmada II Dewi Sandharianto.

Ajang-ajang kreativitas seperti lomba sendiri, tambah dia, diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kompetisi yang sehat dan sportifitas agar kelak di masa mendatang jadi generasi penuh prestasi yang berkarakter tangguh dan jujur.
 
Anak-anak menaiki jetski milik Lanal Banjarmasin yang turut dipamerkan memeriahkan HUT Armada RI ke-60 Tahun 2019. (FOTO ANTARA/Firman)


Selain lomba mewarnai yang diikuti 407 anak TK se-Kota Banjarmasin itu, di saat bersamaan juga digelar bazar super murah. Pasar dadakan yang menjual aneka kebutuhan rumah tangga dengan harga miring itu pun "diserbu" warga, khususnya kalangan ibu-ibu rumah tangga yang menyambut gembira.

Acara puncak syukuran memeriahkan HUT Armada, Lanal Banjarmasin bakal menggelar "fun bike" pada 15 Desember 2019 mendatang dengan start di Mako Lanal dan finis di Dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Menurut Sandharianto Hari Armada merupakan rasa syukur TNI AL untuk mengingatkan kembali perjuangan para pahlawan membangun dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui berdirinya organisasi Komando Armada ALRI, yang diresmikan pembentukannya pada tanggal 5 Desember 1959 oleh KSAL Komodor Laut R.E. Martadinata.
Pewarta : Firman
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019