Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis memanggil dua tersangka kasus suap terkait perizinan dan properti di Kabupaten Cirebon.

Dua tersangka, yakni GM Hyundai Engineering and Construction Herry Jung (HEJ) dan Direktur PT Kings Property Indonesia Sutikno (STN).

Baca juga: KPK ingatkan pelaku usaha laksanakan prinsip bisnis antikorupsi

Baca juga: KPK perpanjang cegah luar negeri GM Hyundai Engineering Construction

Baca juga: KPK menelusuri aset milik mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra


"Keduanya diagendakan diperiksa sebagai tersangka terkait tindak pidana korupsi suap perizinan dan properti di Kabupaten Cirebon," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Dalam penyidikan, KPK, Kamis juga memanggil seorang saksi untuk tersangka Herry Jung, yakni karyawan Hyundai Engineering and Construction Agustinus.

Diketahui, KPK pada Jumat (15/11) telah menetapkan keduanya sebagai tersangka dalam pengembangan perkara pemberian suap terkait perizinan dan properti di Kabupaten Cirebon. Namun, keduanya sampai saat ini belum ditahan KPK.

Dalam konstruksi perkara disebutkan, tersangka Herry Jung diduga memberi suap sebesar Rp6,04 miliar kepada Bupati Cirebon 2014-2019 Sunjaya Purwadisastra terkait dengan perizinan PT Cirebon Energi Prasarana PLTU 2 di Kabupaten Cirebon dari janji awal Rp10 miliar.

Selanjutnya, tersangka Sutikno diduga memberi suap sebesar Rp4 miliar kepada Sunjaya terkait dengan perizinan PT Kings Property.

Diketahui, perkara di Kabupaten Cirebon itu berawal dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada 24 Oktober 2018.

Dalam OTT tersebut, KPK mengamankan barang bukti uang tunai Rp116 juta dan bukti setoran ke rekening total Rp6,4 miliar dan menetapkan dua orang sebagai tersangka, yaitu Sunjaya dan mantan Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Cirebon Gatot Rachmanto.

Keduanya telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Bandung.

Pengembangan kasus ini merupakan pengembangan perkara kedua setelah sebelumnya KPK pada 4 Oktober 2019 menetapkan Sunjaya menjadi tersangka dalam Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan total penerimaan sekitar Rp51 miliar.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019