KRI Tombak akan meriahkan HUT Armada RI di Banjarmasin

KRI Tombak akan meriahkan HUT Armada RI di Banjarmasin

Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin menghadirkan KRI Tombak dan menggelar Fun Bike Armada untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Armada RI ke-60 Tahun 2019 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Tombak (629) bakal hadir memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Armada RI ke-60 Tahun 2019 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"KRI Tombak rencananya bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Jumat besok dan akan terbuka untuk umum (open ship) hingga Ahad yang merupakan puncak kemeriahan HUT Armada," kata Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto, Kamis.

Danlanal mengajak masyarakat untuk berkunjung ke atas kapal dan berswafoto sepuasnya.

"Kapal TNI Angkatan Laut adalah milik rakyat yang dibeli dari uang rakyat. Jadi, silahkan masyarakat memanfaatkan kehadiran KRI Tombak ini untuk mengajak putra-putri berkunjung sekaligus memberikan edukasi kebesaran Angkatan Laut Indonesia," tutur Sandharianto.

Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin juga menggelar sepeda santai bertajuk Fun Bike Armada pada Ahad (15/12). Masyarakat diajak gowes (mengayuh sepeda) dari Mako Lanal di Jalan Ahmad Yani Km 3,5 menuju Dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin yang berjarak sekitar 10 kilometer.

Di lokasi finis ini, kemeriahan HUT Armada akan dipusatkan dengan latar Sungai Barito dan KRI Tombak dari jajaran Satuan Kapal Cepat Koarmada II Surabaya.

"Peserta Fun Bike Armada akan dimanjakan dengan banyak hadiah dengan hadiah utama 3 unit sepeda motor," kata Danlanal.

Baca juga: Menhan resmikan KRI Tombak-629 sebagai kapal Indonesia

Baca juga: Armada lll TNI AL jaga kedaulatan NKRI di wilayah Timur

Baca juga: Lantamal VIII Manado peringati Hari Armada RI

 
Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto. (ANTARA/Firman)


Hari Armada yang diperingati setiap tanggal 5 Desember merupakan rasa syukur TNI Angkatan Laut untuk mengingatkan kembali perjuangan para pahlawan membangun dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui berdirinya organisasi Komando Armada ALRI, yang diresmikan pembentukannya pada tanggal 5 Desember 1959 oleh KSAL Komodor Laut R.E. Martadinata.

Pada momen memperingati HUT Armada RI tahun ini, Lanal Banjarmasin banyak menggelar kegiatan lomba untuk anak-anak dan remaja., seperti lomba kreasi baris-berbaris tingkat SMA sederajat dan lomba mewarnai untuk siswa Taman Kanak-Kanak dengan tujuan menumbuhkan jiwa rasa cinta bahari sejak dini.*

Baca juga: Koarmatim Surabaya gelar "Naval Base Open Day"

Baca juga: Kirab prajurit Koarmatim meriahkan Hari Armada
Pewarta : Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019