Polres Kubu Raya siap amankan perayaan Natal

Polres Kubu Raya siap amankan perayaan Natal

Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono, Jumat, mengecek kesiapan pendukung untuk pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Provinsi Kalbar. (Istimewa)

Pontianak (ANTARA) - Satuan Polres Kubu Raya akan membentuk tim gabungan bersama Polda Kalbar dalam pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 sejumlah titik di kabupaten itu.

"Jelang perayaan Natal dan tahun baru 2020, Polres Kubu Raya mulai melakukan sejumlah persiapan dalam meningkatkan pengamanan. Kami akan membentuk tim yang di backup oleh Polda Kalbar," kata Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana di Sungai Raya, Minggu.

Dia mengatakan dalam upaya peningkatan pengamanan jelang natal dan tahun baru 2020, pihaknya akan mengacu pada mekanisme pengamanan yang telah diagendakan Polda Kalimantan Barat.

"Dalam minggu-minggu ini, kami akan melakukan plat pra ops untuk persiapan pelaksanaan pengamanan Natal dan tahun baru 2020," tuturnya.

Nantinya kata Yani, untuk mendukung maksimalnya pelaksanaan tugas di lapangan dalam melakukan pengamanan, pihaknya juga akan mengundang sejumlah stakeholder terkait lainnya untuk menyamakan persepsi dalam meningkatkan pengamanan di lapangan, termasuk dalam pengamanan di setiap tempat ibadah atau gereja yang akan digunakan umat Nasrani dalam menjalankan ibadah.

Mengingat masih terbatasnya jumlah personel yang dimiliki, Yani Permana menambahkan, pihaknya juga akan menggandeng sejumlah elemen masyarakat yang dirangkul dalam pengamanan Natal dan tahun baru.

Di singgung mengenai upaya pengamanan lalu lintas yang diperkirakan akan padat jelang perayaan Natal dan tahun baru, kata Yani sejak dini pihaknya juga telah melakukan sejumlah perencanaan yang akan segera direalisasikan dalam mengoptimalkan pengamanan dalam lalu lintas.

Yani Permana menerangkan, pihaknya juga akan menempatkan sejumlah personelnya di kawasan perbatasan Sungai Ambawang menuju arah perbatasan Sanggau untuk melakukan pengamanan lalu lintas.

"Kemarin kami mulai menyiapkan bersih-bersih pos lalu lintas di sekitar Desa Lingga. Dan Insya Allah saat ini posnya sudah mulai bisa digunakan dan nanti akan kami isi personelnya di pos tersebut, dengan harapan bisa lebih optimal memantau pengamanan lalu lintas dan bisa menekan potensi terjadinya angka lakalantas yang rentan di kawasan tersebut," katanya.

Salah satu titik yang akan dibuka posko pengamanan, kata dia seperti di kawasan Bandara Supadio. Yani menilai, Bandara Supadio merupakan salah satu titik strategis untuk dibuka posko pengamanan lantaran merupakan salah satu pintu gerbang orang luar masuk ke Kalimantan Barat termasuk Kubu Raya.

"Mengenai jumlah personel yang akan diterjunkan, sedang kami susun. Namun yang pasti selain personel Polres Kubu Raya, dalam melakukan pengamanan nanti, tentunya kami juga akan di bantu oleh personel Polda," kata Yani.

Baca juga: Polres Madiun Kota sediakan lima posko hadapi Natal dan tahun baru

Baca juga: Polresta Cirebon perketat pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Polda NTT siapkan ribuan personel amankan Natal-Tahun Baru

Baca juga: Mahfud : Polri siap amankan Natal dan Tahun Baru
Pewarta : Rendra Oxtora
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 1970