Sigi (ANTARA) - Sebagian besar para korban banjir bandang di Kulawi, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, hingga kini masih tetap bertahan di lokasi penampungan pengungsi di wilayah itu.

Kepala Forum Pengurangan Resiko Bencana Kabupaten Sigi, Syaiful Taslim, Senin, membenarkan masih banyak warga yang eksodus karena bencana alam itu belum kembali ke rumah mereka.

"Masih banyak korban yang tetap berada di beberapa titik penampungan pengungsi di sekitar Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi," katanya.

Taslim mengatakan rata-rata korban yang masih tinggal di pengungsian, rumahnya sudah hancur rata dengan tabah, bahkan banyak rumah yang terkubur lumpur saat banjir bandang terjadi pada 12 Desember 2019 sekitar pukul 18.30WTA itu.

Selain rumah warga yang rusak, juga jembatan dan jalan di wilayah tersebut mengalami kerusakan berat karena tertimbun lumpur dan batu-batuan.

Kini badan jalan yang tertimbun itu sudah bisa lagi dilewati kendaraan setelah diperbaiki oleh aparat gabungan TNI/Polri, Basarnas, tagana Dinas Sosial. tim TRC BPBD, para relawan kemanusiaan dan juga masyarakat setempat.

Baca juga: Banjir bandang di Sigi, "mungkin Tuhan mulai bosan?"

Baca juga: DPRD Sulteng nilai perlu pelestarian DAS di Sigi cegah banjir

Baca juga: Pertamina salurkan logistik untuk korban banjir Sigi


Taslim mengaku untuk memulihkan kembali permukiman penduduk yang disapu banjir bandang masih butuh waktu cukup lama. Masalahnya material yang menutupi perkampung penduduk cukup banyak. Bukan hanya lumpur, tetapi juga batu-batuan besar dan kayu.

Menurut dia, khusus badan jalan sudah bisa dilewati. tetapi untuk membersihkan perkampungan masyarakat masih membutuhkan waktu yang cukup lama.

Hampir seluruh warga Desa Bolapapu menjadi korban bencana alam banjir bandang. Taslim mengimbau semua pihak yang peduli kemanusiaan untuk tetap menyalurkan bantuan guna memenuhi kebutuhan hidup para korban yang rata-rata kehilangan rumah dan isinya karena diterjang banjir.

"Mereka tetap masih butuh bantuan, terutama bahan makanan dan perabot rumah tangga," ujarnya.

Hingga kini, kata dia, bantuan dari berbagai pihak kepada korban banjir di Kulawi masih mengalir ke posko induk bencana alam di Desa Bolapapu. Bahan makanan masih cukup sampai beberapa hari ke depan.

Banjir bandang di Kulawi menelan korban jiwa dua orang. edua korban yang adalah ayah dan anak tersebut tewas tertimbun lumpur setelah terperangkap di dalam rumah saat bencana alam yang memilukan itu terjadi pada 12 Desember 2019.*

Baca juga: PRB dukung rencana Pemkab Sigi relokasi korban banjir di Kulawi

Baca juga: Penyaluran bantuan korban banjir Kulawi lewat posko induk

Baca juga: Jambata usul warga korban banjir di Kulawi direlokasi

Pewarta: Anas Masa
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019