Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan, pihaknya siap membantu pemerintah setempat dalam penanganan banjir.

"Dengan personel dan peralatan yang dimiliki, kami siap membantu menangani banjir yang sudah terjadi di beberapa daerah," kata Sumangerukka disela upacara penyambutan sebagai pejabat baru Pangdam di Makodam XIV/Hasanuddin, Makassar, Senin.

Dia mengatakan, selain dalam hal membantu penanganan banjir, program yang sudah ada yang digagas pejabat Pangdam sebelumnya siap dilanjutkan.

Sementara menyangkut pengamanan teritorial dan mengantisipasi bahaya laten dari kelompok kiri dan kanan, disebutkan itu sudah menjadi tugas jajarannya untuk senantiasa menjaga keamanan.

Pada hari perdana bertugas, eks pejabat Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi menyosialisasikan ruangan kerja, ruang rapat dan orientasi seputar wilayah kerja Kodam XIV/Hasanuddin.

Sebelumnya dilakukan tradisi penyambutan pejabat baru dengan pagelaran tari tradisional dan a'ngaru atau penyambutan dengan pernyataan seloka-seloka suci sebagai wujud komitmen loyalitas rakyat kepada pemimpinnya.

Setelah melakukan briefing dengan jajarannya, digelar apel perdana dan pagelaran defile penyambutan pejabat baru Sumanggerukka dan pelepasan pejabat lama Surawahadi.

Dalam sambutan Sumangerukka memaparkan latarbelakang keluarganya bahwa dibesarkan dari keluarga TNI dan menghabiskan masa kecilnya di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

"Banyak program yang sudah dilakukan dalam masa kepemimpinan Mayjen TNI Surawahadi, karena itu saya mengajak prajurit dan PNS untuk melanjutkan program tersebut dengan dilandasi sikap disiplin dan profesional," katanya.

Dia berharap, dapat menjadikan Kodam XIV/Hasanuddin sebagai organisasi TNI dapat memberikan kontribusi positif bagi pemangunan bangsa dan negara. Karena itu diharapkan, semuanya memiliki komitmen dan optimis menjalankan tugas yang diemban masing-masing.

Sementara itu, Surawahadi mengatakan, pihaknya berterima kasih dan mengapresiasi atas semua dukungan jajaran TNI dan PNS selama masa tugasnya 1,5 tahun di Kodam XIV/Hasanuddin, sehingga dapat bersama-sama menjalankan program, termasuk bekerja sama pemerintah dengan masyarakat setempat.
Suasana penyambutan dan pelepasan pejabat Pangdam XIV/Hasanuddin dari Mayjen TNI Surawahadi ke Mayjen TNI Andi Sumangerukka di Makodam XIV/Hasanuddin, Makassar, Senin (13/1/2020). ANTARA Foto/Suriani Mappong

Baca juga: Kodam Hasanuddin bongkar penipuan berkedok anggota TNI

Baca juga: Disdik Sulsel instruksikan sekolah terdampak banjir liburkan siswa

Baca juga: BPBD Sulsel: Enam kabupaten terdampak cuaca ekstrim

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020