Jakarta (ANTARA) - Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang dibentuk secara khusus oleh PT Astra International Tbk menggelar seminar nasional dan science fair untuk menyongsong era society 5.0.

"YPA-MDR menyadari pentingnya sekolah, khususnya para guru, untuk berani bertransformasi dalam mengupayakan peningkatan mutu pendidikan," kata Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, maka semua pihak termasuk lembaga itu merasa perlu menyiapkan anak didik untuk memasuki kehidupan era society 5.0 yang sarat dengan tuntutan penguasaan kompetensi global terutama pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 500 orang tersebut menampilkan pemaparan karya ilmiah dan inovasi pembelajaran guru binaan YPA-MDR atas hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang selanjutnya akan dipublikasikan melalui media jurnal ilmiah.

PT Astra International Tbk melalui YPA-MDR, ujar dia, berkomitmen untuk terus mendorong dan memfasilitasi para guru di bidang penyusunan karya tulis ilmiah, penelitian pendidikan dan karya inovasi pembelajaran.

Selama tiga tahun terakhir, katanya, telah dihasilkan lebih dari 150 karya tulis ilmiah dari para guru binaan, berupa PTK dan karya inobel.

Pada kesempatan yang sama, YPA-MDR juga meluncurkan School Collaboration System (SCS) yang merupakan sistem kolaborasi antarsekolah sebagai media pembelajaran baik dari proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di sekolah serta terintegrasi dalam proses pembelajaran digital (E-Learning) yang dapat digunakan oleh pendidik dan murid.

Cakupan dari sistem SCS tersebut antara lain standardisasi media ajar, kolaborasi media ajar dan pembelajaran digital.

Ia mengatakan Astra melalui YPA-MDR telah berkomitmen terlibat langsung dalam melahirkan sumber daya manusia unggul menuju Indonesia maju yang merupakan visi misi pemerintah.

"Melalui peningkatan mutu pendidikan khususnya para pendidik dan siswa di daerah prasejahtera," katanya.

Baca juga: Komunitas Toyota sampaikan donasi ke yayasan pembinaan anak jalanan

Baca juga: Astra memilih Kecamatan Gedangsari jadi sentra batik Yogyakarta

Baca juga: Lewat sembilan yayasan, Astra terus gulirkan CSR

Baca juga: Yayasan Dharma Bhakti Astra luncurkan buku di HUT ke 34

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020