Medan (ANTARA) - Kepala Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Tanjung Balai Sukroadi Sastra mengatakan tim Basarnas gabungan berhasil menemukan dua ABK KM Wingstone yang tenggelam di perairan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara.

"Kedua anak buah kapal (ABK) itu, yakni Pajar (23) warga Jalan Teratai Kota Tanjung Balai, dan Esron Sitohang (55) warga Dusun 12/Blok 6 Kecamatan Simpang Empat, KotaTanjung Balai," ujar Sukroadi yang dihubungi dari Medan, Rabu malam.

Ia menyebutkan, penemuan kedua mayat itu, berdasarkan laporan dari keluarga korban yang melihat ABK itu, berada di titik tenggelamnya KM Wingstone, Rabu (29/1) sekira pukul 15.00 WIB.

Kemudian, tim Basarnas meluncur ke TKP untuk melakukan evakuasi kedua jenazah itu, dengan menggunakan Kapal Patkamla milik Posal Tanjung Tiram.

"Setel
ah tiba di lokasi kapal karam tersebut, tim Basarnas mengevakuasi kedua ABK itu, dan memasukkan kedua jenazah ke dalam kantong mayat," ucap dia.

Ia menjelaskan, kedua mayat yang ditemukan itu, sudah mulai membusuk dan langsung diangkut, serta dimasukkan ke dalam kapal kayu milik nelayan.

"Selanjutnya kedua mayat tersebut dibawa ke Posal Tanjung Tiram, Batubara," katanya.

Sukroadi menyebutkan, evakuasi kedua ABK itu, melibatkan Tim SAR Gabungan terdiri dari Basarnas Pos Tanjung Balai, Pos AL Tanjung Tiram, Polairud Tanjung Tiram, Lanal TBA, Nelayan Batubara dan warga masyarakat.

"Pencarian kedua ABK yang tenggelam itu, pada hari ke-5 dan membuahkan hasil," katanya.

Tim SAR Gabungan yang melakukan pencarian pada hari kedua, (Minggu, 26/1) berhasil menemukan satu orang dari tiga korban ABK Kapal Pukat Apung KM Wingstone yang tenggelam.

Korban yang ditemukan itu atas nama Ijal (25), seorang ABK KM Wingstone yang dilaporkan hilang pada saat kejadian.
Korban Ijal ditemukan di perairan Pagurawan, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, sekitar pukul 09.45 WIB. Korban yang meninggal dunia, telah dievakuasi ke rumah duka.

Sebelumnya, satu unit Kapal Pukat Apung KM Wingstone tenggelam di sekitar perairan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumut, Sabtu (25/1) sekitar pukul 23.00 WIB, akibat lambung kapal bocor.

Semua ABK melompat ke air untuk menyelamatkan diri. Dari jumlah 11 ABK tersebut, 8 orang di antaranya selamat, sedangkan 3 orang hilang/belum ditemukan.

Nama-nama ABK KM Wingstone, 1.Nasib Sitorus (Nahkoda),2. Samsul Bahri (KKM), 3.Sinaga (ABK), 4.Tison (ABK),5.Jon Siahaan (ABK),6.Erlan (ABK),7.Elci (ABK),8.Agus (ABK), 9.Ijal (ABK/Hilang),10.Sitohang (ABK/Hilang), dan 11.Pajar (ABK/Hilang).

Baca juga: Kepala SAR: Pencarian korban difokuskan di lokasi kapal tenggelam

Baca juga: Nelayan Batubara ikut mencari ABK KM Winston yang hilang

Baca juga: Tim SAR intensifkan pencarian ABK hilang di Tanjung Tiram Sumut

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020