Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan memetakan kawasan industri hasil tembakau di sejumlah daerah di Indonesia salah satunya di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan untuk membangun usaha legal.

"Idenya adalah bagaimana memberdayakan petani dan masyarakat pengusaha setempat sekaligus membentengi mereka dari masuknya rokok ilegal," kata Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi di gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin.

Menurut dia, adanya kawasan industri hasil tembakau di Sulawesi Selatan karena merupakan salah satu pintu masuk beredarnya rokok ilegal di kawasan Sulawesi yang dibawa dari Pulau Jawa.

Baca juga: Pemerintah perlu susun peta jalan kebijakan pertembakauan

Rokok ilegal itu dibawa dengan mudah melalui transportasi laut yang menghubungkan Surabaya dengan Sulawesi Selatan.

Meski begitu, Heru enggan menyebut besaran volume rokok ilegal itu karena yang ditekankan dalam kawasan industri tersebut adalah keterlibatan pemerintah daerah, masyarakat dan petani untuk membangun industri legal.

Selain di Soppeng, Sulawesi Selatan, Heru menyebut Jawa Timur juga berminat membangun konsep industri terpadu itu termasuk akan melakukan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: APTI nilai Perda KTR tidak selaras amanat kemudahan berusaha Presiden

Beberapa daerah lain yang terkoneksi langsung melalui pelabuhan di Semarang, Surabaya dan Jepara juga berpotensi membangun kawasan industri terpadu tersebut.

Selain mengurangi peredaran rokok ilegal yang mempengaruhi industri, adanya kawasan industri terpadu itu, ujar Heru, juga akan memberikan pemahaman terkait regulasi kepada masyarakat dan pelaku usaha.

"Supaya pemda juga terlibat dan menikmati dana bagi hasil karena kalau tidak resmi tentunya tidak tercatat," katanya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020