Diperlukan kualitas sumber daya manusia unggul yang mampu beradaptasi terhadap berbagai perubahan
Jakarta (ANTARA) - Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Prof Dr Eko Indra Heri meluncurkan buku berjudul "Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi".

Eko dalam bukunya itu, menekankan pentingnya kualitas sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dengan perubahan. "Sehingga diperlukan kualitas sumber daya manusia unggul yang mampu beradaptasi terhadap berbagai perubahan," kata Eko melalui siaran pers, di Jakarta, Jumat.
Baca juga: KarobinkarPolri luncurkan 3 buku soal bangun SDM unggul Polri


Menurut Eko, penerbitan buku tersebut ditujukan untuk memberikan penekanan cara pandang baru dalam manajemen sumber daya manusia, organisasi, mengingat perubahan dan dinamika lingkungan eksternal organisasi yang begitu cepat.

Buku itu terdiri 11 bab yang mengulas secara tajam mengenai cara untuk mewujudkan kualitas manusia, untuk berhadapan dan beradaptasi dengan segala bentuk inovasi dewasa ini.

Dalam buku tersebut dibahas tentang manajemen SDM, evolusi manajemen SDM, peran SDM, perencanaan SDM, manajemen SDM strategis, human capital, kompetensi SDM, pengembangan SDM berbasis kompetensi, ukuran efektivitas manajemen SDM, organisasi dan talent management.

Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan bahwa SDM Polri saat ini berjumlah sekitar 500 ribu personel tersebar di seluruh pelosok Tanah Air yang perlu dikelola secara lebih strategis dan profesional sejalan dengan salah satu sasaran program penting Polri, yaitu membangun manusia unggul di lingkungan lembaga kepolisian.

"Pembangunan SDM yang unggul di lembaga kepolisian merupakan aset penting, mengingat amanah yang diberikan negara kepada Polri untuk menjaga, menciptakan dan mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat," ujar Kapolri Idham Azis dalam testimoni buku tersebut.
Baca juga: Deddy Corbuzier luncurkan buku panduan milenial jadi SDM unggul


Jenderal Idham Azis menyatakan bahwa untuk mewujudkan tugas pokok Polri tersebut tentunya membutuhkan SDM yang unggul, profesional dan berintegritas tinggi, sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di bidang keamanan dan ketertiban.

Selain testimoni dari Kapolri, ada beberapa testimoni lainnya dalam buku tersebut, antara lain testimoni dari Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai dan Asisten Deputi Manajemen Karier dan Talenta SDM Aparatur, Kementerian PAN RB Aba Subagja.
Baca juga: PGRI siapkan buku pembangunan SDM era milenial

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020