Penghargaan ini hanya diberikan kepada tiga pemerintah kabupaten se-Indonesia
Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil meraih penghargaan pembangunan daerah terbaik dari 416 kabupaten di Indonesia.

Bupati Bangka Mulkan, di Sungailiat, Kamis, mengatakan keberhasilan daerahnya meraih penghargaan pembangunan terbaik di Indonesia, karena dinilai dari aspek perencanaan pembangunan, hasil pembangunan, dan inovasi pembangunan yang terbaik.

Penghargaan ini diumumkan dan diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Ketua Bappenas Suharso Monoarfa dalam Forum Musyawarah Pembangunan Nasional yang dilaksanakan secara virtual, Kamis, dari Istana Negara, Jakarta.

"Penghargaan ini hanya diberikan kepada tiga pemerintah kabupaten se-Indonesia yang mencapai 416 kabupaten," ujarnya pula.
Baca juga: Pemkab Bangka Barat kurangi anggaran perjalanan dinas OPD


Dia menyebutkan, keberhasilan meraih prestasi tersebut merupakan wujud dari visi strategisnya "Bangka Setara", dengan penghargaan tahun 2020 ini merupakan pengulangan penghargaan serupa yang pernah diraih pada tahun 2016, 2017, 2018 dan 2019.

Hanya saja yang membedakan adalah pada tahun-tahun tersebut, Pemkab Bangka hanya mampu meraih penghargaan Top 10 terbaik Indonesia, sedangkan tahun 2020 berhasil meraih penghargaan Top 3 terbaik Indonesia.

"Saya memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap keberhasilan meraih prestasi terbaik, dimana keberhasilan itu di tengah keprihatinan pandemi COVID-19," kata Bupati.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD), terutama Bappeda yang bertanggung jawab dalam perencanaan pembangunan, sekaligus telah melakukan terobosan melakukan inovasi di bidang perencanaan pembangunan.

"Hasil kerja keras ini, menunjukkan Pemkab Bangka telah memberikan bukti dan komitmen kuat dalam menghasilkan dokumen perencanaan yang bermutu serta pencapaian target yang rasional," katanya.

Penghargaan ini diharapkan mampu mendorong seluruh OPD untuk terus berprestasi dan berinovasi guna mewujudkan visi "Bangka Setara". Diharapkan pula prestasi ini dapat dipertahankan tahun berikutnya.

Kepala Bappeda Bangka Pan Budi Marwoto mengatakan, diraihnya penghargaan itu tidak terlepas dari capaian pembangunan daerah dalam dua tahun terakhir yang melampaui target sudah ditentukan dan juga melampaui capaian nasional dan provinsi.

"Capaian indikator utama pembangunan tersebut, yaitu mulai dari pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan, pendapatan per kapita, nilai tukar petani, Gini Rasio, indeks pembangunan manusia, indeks pelayanan publik, indeks akuntabilitas kinerja dan pengelolaan keuangan daerah," katanya pula.
Baca juga: Pemkab Bangka alihkan DID Rp38 miliar untuk pencegahan COVID 19


Kompetisi pembangunan daerah terbaik ini diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas.

Tim penilai terdiri atas tim penilai independen, tim penilai utama, dan tim penilai teknis yang mempunyai kompetensi dan kepakaran pengetahuan dan pemahaman teknis mengenai perencanaan dan kebijakan publik termasuk pembangunan ekonomi, pengembangan wilayah, kelembagaan serta disiplin ilmu lainnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020