Jakarta (ANTARA) - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4 terjadi di Taipa, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Jumat (8/5) malam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya menginformasikan gempa terjadi pada pukul 22.44 WIB.

Adapun lokasi gempa berada di 1,83 Lintang Selatan - 120,49 Bujur Timur dengan kedalaman 12 kilometer. Sementara pusat gempa berada di darat 12 kilometer baratlaut Taipa, Poso.

Getaran gempa dirasakan sampai Taipa dalam skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) dan Tentena, Poso dalam skala III MMI.

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian, seperti dikutip dari laman BMKG.

Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai antara lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.

Pada skala V, getaran dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar bergoyang.

Baca juga: Gempa magnitudo 4,2 terjadi di Talu Sumbar
Baca juga: Gempa Laut Banda terjadi di "sarang" gempa kuat
Baca juga: Masyarakat Tanimbar rasakan getaran kuat saat gempa magnitudo 7,3

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020