Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan atletik Diamond League yang semula akan digelar di London Stadium pada Juli menjadi event atletik terkini yang dibatalkan akibat pandemi virus corona, setelah UK Athletics mengkonfirmasi pembatalan tersebut, Selasa.

UK Athletics mengatakan dalam pernyataannya bahwa "keputusan tersebut dibuat sehubungan dengan pandemi global yang sedang terjadi, dengan keselamatan semua atlet, pelatih, sukarelawan, penonton, dan anggota staf, di Inggris dan luar negeri menjadi prioritas utama," sebagaimana dikutip Reuters, Selasa.

Lomba tersebut sedianya akan digelar pada 4-5 Juli. Pembatalan tersebut berarti event pertama pada jadwal Diamond League sekarang adalah yang akan diselenggarakan di Monako pada 10 Juli.

Baca juga: World Athletics luncurkan dana kesulitan virus corona El Guerrouj

Liga tersebut sudah membatalkan lomba di Doha, venue yang belum ditentukan di China, Stockholm, Roma, Rabat, Eugene, Oslo dan Paris, meskipun event atletik alternatif akan digelar di Oslo pada 11 Juni, tanggal yang semula direncanakan untuk liga tersebut.

Event lainnya secara resmi ditangguhkan dengan "tanggal baru menyusul", menurut laman liga.

CEO UK Athletics Joanna Coates mengatakan bahwa membatalkan event London "akan berpengaruh secara sgnifikan terhadap finansial UKA dan olahraga yang lebih luas.

"Pendapatan yang kami hasilkan dari event tersebut - melaui tiket, penyiaran, dan sponsorship membantu mengelola olahraga tersebut dan menyediakan layanan tata kelola penting yang kami awasi," katanya.

Baca juga: Olimpiade ditunda, kejuaraan atletik dunia bisa geser ke 2022

Baca juga: Liga Berlian tunda tiga event karena virus corona

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020