Jakarta (ANTARA) - Beberapa berita politik pada Kamis (14/5) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai Istana jawab kritik soal kenaikan iuran BPJS hingga Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju menggelar pemeriksaan cepat atau rapid test COVID-19 bagi masyarakat umum.

Berikut rangkuman berita yang menarik untuk dibaca:

1. Istana jawab kritik soal kenaikan iuran BPJS

Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Deputi II KSP bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Sosial, Ekologi dan Budaya Strategis Abetnego Tarigan menjawab kritikan terhadap keputusan untuk menaikkan iuran peserta mandiri Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Dengan angka segitu itu yang memang punya prospek sustainability, keberlanjutan pengelolaan BPJS itu. Memang mereka dari Kementerian Keuangan mengatakan perhitungan itu juga sudah memperhitungkan terkait dengan ability to pay dalam melakukan pembayaran," kata Abetnego di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya disini

2. Survei Polmatrix: Kepala daerah kuasai enam besar elektabilitas capres

Jakarta (ANTARA) - Survei yang dilakukan oleh Polmatrix Indonesia menyebutkan, enam gubernur menguasai elektabilitas calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang, bahkan elektabilitas PDI Perjuangan dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menguat.

"Pemilu 2024 diprediksi menjadi pertarungan elite baru produk pilkada langsung, di mana figur gubernur menguasai enam besar elektabilitas calon presiden," kata Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia, Dendik Rulianto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya disini

3. Dewan Pers dorong media mendapatkan insentif ekonomi akibat COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Dewan Pers bersama asosiasi perusahaan media mendorong agar negara memberikan insentif ekonomi untuk menopang daya hidup pers yang terdampak pandemik COVID-19.

Ketua Komisi Hubungan Antar-Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers, Agus Sudibyo di Jakarta, Kamis, mengatakan ada tujuh poin insentif ekonomi yang dibutuhkan oleh pers saat ini.

Baca selengkapnya disini

4. Ketua MPR minta pemerintah bantu perusahaan kesulitan bayar THR

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah membantu perusahaan yang kesulitan keuangan dalam membayar Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pekerja.

"Pemerintah dapat memberikan bantuan kepada perusahaan yang kesulitan keuangan dalam membayar THR dengan memberikan kemudahan di bidang pajak ataupun kemudahan transaksi perbankan," kata Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya disini

5. OASE Kabinet Indonesia Maju gelar rapid test COVID-19 gratis

Jakarta (ANTARA) - Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju menggelar pemeriksaan cepat atau rapid test COVID-19 bagi masyarakat umum secara gratis pada Jumat (15/5) hingga Sabtu (16/5).

Pelaksanaan tersebut dilakukan oleh tim kesehatan RSAU dr Esnawan Antariksa pada pukul 9.00 WIB sampai 15.00 WIB yang bertempat di halaman Puri Ardhiagarini yang berada di jalan Protokoler Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Baca selengkapnya disini

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020