Banjir kembali rendam rumah warga di Lhoong Aceh Besar

Banjir kembali rendam rumah warga di Lhoong Aceh Besar

Banjir luapan sungai Krueng Kala di Kecamatan Lhoong Aceh Besar, Sabtu (16/5/2020). ANTARA/HO-BPBD Aceh Besar/aa.

Aceh Besar (ANTARA) - Tingginya intensitas hujan yang melanda Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar mengakibatkan aliran sungai Krueng Kala meluap sehingga merendam beberapa unit rumah warga di daerah setempat.

“Banjir luapan sungai ikut melanda kawasan Gampong/desa Geuntet dan Kreung Kala,” kata Kepala BPBD Aceh Besar, Farhan AP di Aceh Besar, Sabtu.

Data Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar menjelaskan banjir luapan aliran sungai (Das) Krung Kala dengan ketinggian air mencapai hingga 1 meter dan meredam beberapa unit rumah warga dan lahan pertanian.

Ia menjelaskan banjir luapan yang sempat merendam rumah warga tersebut sudah mulai surut dan masyarakat saat ini sedang membersihkan kembali rumahnya.

Baca juga: BPBA: 10 daerah di Aceh dilanda banjir besar sepekan ini
Baca juga: Banjir Aceh Besar surut, warga mulai bersihkan rumah


Tim Damkar BPBD Aceh Besar Pos Lhoong masih berada di lokasi dan sedang melakukan pengecekan dan pendataan kondisi terkini.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pengguna transportasi darat untuk selalu berhati-hati dalam perjalanan lintas barat di saat hujan karena masih rawan longsor.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap selalu waspada karena masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat serta angin kencang yang mengakibatkan terjadinya pohon tumbang.

Baca juga: Sedikitnya 18 kepala keluarga di Lhoong mengungsi akibat banjir
Baca juga: 1.193 rumah warga Aceh Besar terendam banjir
Baca juga: BPBD: Ada lima titik pengungsi korban banjir di Aceh Besar
Pewarta : M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020