Basarnas: Tiga nelayan hilang di Nias Selatan-Sumut ditemukan selamat

Basarnas: Tiga nelayan hilang di Nias Selatan-Sumut ditemukan selamat

Tiga nelayan yang sempat hilang di perairan Nias Selatan ditemukan selamat oleh tim Basarnas Kabupaten Nias, Sumut, Kamis (18/6/2020) malam. (FOTO ANTARA/Irwanto)

Nias, Sumut (ANTARA) - Basarnas Kabupaten Nias, Sumatera Utara menyatakan tiga nelayan yang sempat dinyatakan hilang di perairan Nias Selatan sejak Selasa (16/6) akhirnya ditemukan dengan selamat.

Humas Basarnas Nias, Asanimu Waruwu, di Nias, Jumat mengatakan, ketiga nelayan tersebut adalah Junisman Bu'ulolo (43), Peterman Bu,'lolo (33) dan Generasi Daeli (35) ditemukan 10 mil dari lokasi awal dinyatakan hilang.

"Ketiganya ditemukan pada Kamis (18/6) malam sekitar pukul 21.10 WIB dan telah dievakuasi ke daratan dan langsung diserahkan kepada keluarga," katanya.

Sebelumnya ketiga nelayan tersebut dilaporkan hilang sejak Selasa (16/6)  2020, dan ketiganya hilang kontak akibat mesin kapal yang mereka tumpangi mengalami kerusakan di tengah laut.

Kapal boat 5 gross ton (GT) yang mengangkut ketiganya mengalami kerusakan dan mesin mati di sekitar Pulau Sumabawa, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan.

Basarnas mendapat informasi hilangnya ketiga nelayan tersebut dari Kepala Desa Hilindraso Niha, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan Martawa Harita.

Mendapat laporan tersebut, tim Basarnas Nias langsung langsung turun ke lokasi untuk melakukan pencarian.

"BPBD Nias Selatan bersama dengan unsur terkait juga ikut melakukan pencarian dari selatan ke utara sekitar Pulau Onolimbu,hingga akhirnya bisa menemukan ketiga korban dalam keadaan selamat," demikian Asanimu Waruwu.

Baca juga: Basarnas: Tiga nelayan Nias Selatan hilang di perairan Pulau Sumabawa

Baca juga: Basarnas: Dua nelayan di Nias Barat hilang saat memancing

Baca juga: Nelayan temukan mayat di perairan Gunungsitoli

 
Pewarta : Juraidi dan Irwanto
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020