Sejumlah lokasi di Kota Padang banjir akibat hujan deras

Sejumlah lokasi di Kota Padang banjir akibat hujan deras

Petugas BPBD Padang melakukan evakuasi korban banjir di kawasan Alai Kota Padang (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Sejumlah lokasi di Kota Padang, Sumatera Barat, tergenaang banjir akibat hujan yang mengguyur daerah itu sejak Rabu sore.

Seorang warga Adril Mahaputra di Padang, Rabu mengatakan akibat banjir tersebut dirinya harus mencari jalan alternatif agar tidak terjebak genangan air di jalan.

Ia mengatakan awalnya berada di kawasan simpang Tunggul Hitam dan berkendara menuju RS Ibnu Sina di kawasan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara.

Baca juga: Kerugian akibat banjir bandang mencapai Rp3,8 miliar

“Saya ingin menjemput istri namun tertahan hujan di Simpang Tunggul hitam sejak pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB karena hujan deras,” katanya.

Ia menempuh hujan menuju kawasan Lapai dan ternyata banjir cukup tinggi dan tidak dapat ditempuh sepeda motornya. Setelah itu dirinya berbalik arah menuju Jalan Khatib Sulaiman yang juga kebanjiran hingga menuju Pasar Alai Kecamatan Padang Utara.

“Saya masih menunggu banjir surut sehingga dapat dilalui kendaraan kembali,” kata dia.

Baca juga: Bencana alam landa 10 kecamatan di Padang Pariaman

Sementara itu Kalaksa BPBD Kota Padang Barlius mengatakan hujan deras mengakibatkan banjir sehingga menutup akses jalan masyarakat seperti di kawasan Alai menuju Gunung Pangilun yang harus ditutup karena banjir.

“Beberapa warga kita evakuasi menggunakan perahu karet karena banjir yang cukup tinggi,” kata dia.

Ia mengatakan, pihaknya masih bekerja melakukan evakusasi di kawasan Simpang Alai sejauh ini ada 25 warga yang sudah dievakuasi.

Baca juga: Banjir dan longsor merusak jalan dan bendungan di Padang Pariaman

Kawasan yang paling parah memang di kawasan Alai dan Tabing Banda Gadang ada delapan rumah yang digenangi air, kawasan simpang Lapai ketinggian air mencapai 50 centimeter.

Selain itu di kawasan Cupak Tangah Kecamatan Pauh ketinggian air sekitar 40 centimeter. Kemudian kawasan Gunung Pangilun ada tiga lokasi genangan air mulai dari SD 03 Alai, G Sport dan jalan menuju Siteba.

“Seluruh tim reaksi cepat BPBD Padang dan pihak terkait bekerja memberikan bantuan kepada masyarakat dan pihak terkait,” katanya.

Baca juga: Ruas jalan Padang-Pasaman Barat terendam banjir hingga 50 centimeter
Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020