Rejang Lebong (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah menyiapkan alat pelindung diri (APD) untuk petugas pemutakhiran data pemilih atau PPDP Pilkada serentak 2020 di wilayah itu.

Sekretaris KPU Rejang Lebong, Martoni, di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan, pengadaan APD petugas PPDP yang bertugas di 156 desa dan kelurahan dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong itu bersumber dari APBN.

"APD yang kami terima ini ada lima jenis barang yakni masker, pelindung wajah, sarung tangan sekali pakai, termometer tembak, carian pembersih tangan," kata dia.

Baca juga: Anggota DPR: KPU fokus persiapan Pilkada, jangan urus pengadaan APD

Ia menambahkan, pengadaan APD itu sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah, di mana barang-barang ini nantinya akan diberikan kepada 575 orang petugas PPDP.

APD untuk petugas PPDP itu sendiri akan mereka distribusikan pada 14 Juli nanti dari KPU Rejang Lebong kepada 15 PPK dan selanjutnya oleh masing-masing PPK didistribusikan kepada PPS di desa atau kelurahan dan selanjutnya diteruskan kepada petugas PPDP di wilayah masing-masing.

Baca juga: Pemerintah suntik dana Rp1,411 triliun untuk APD Pilkada 2020

Selain akan dibekali dengan APD para petugas PPDP ini kata dia, juga akan diuji cepat pada 13-14 Juli yang akan dilaksanakan per kecamatan.

"Jika ada yang dinyatakan reaktif maka akan diganti dengan petugas lain, karena petugas ini terhitung mulai tanggal 15 Juli sudah menjalankan tugasnya melakukan Coklit data pemilih hingga 13 Agustus 2020," katanya.

Baca juga: Bawaslu sebut perlu APD jika pilkada digelar Desember 2020

Sebelumnya, KPU Rejang Lebong telah merekrut 575 orang PPDP Pilkada serentak 2020 di wilayah itu, jumlah penyelenggara ad hoc dari unsur RT/RW atau masyarakat yang diusulkan panitia pemungutan suara (PPS) setempat untuk membantu pemutakhiran data pemilih.

Kalangan PPDP ini nantinya akan bertugas melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan jalan mendatangi rumah penduduk dari rumah ke rumah pada 15 Juli-13 Agustus. Di sana terdapat 211.142 pemilih.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020