Setelah melihat kejadian bencana  Luwu Utara di media, Pak Rahmat Gobel langsung meminta tim segera menyalurkan bantuan bagi korban yang ada di lokasi bencana. Bantuan ini merupakan tahap kedua, setelah tahap pertama disalurkan
Makassar (ANTARA) - Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel menyalurkan lagi bantuan kemanusiaan yang dikirim langsung tim sukarelawannya yang diperuntukkan bagi korban banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Setelah melihat kejadian bencana  Luwu Utara di media, Pak Rahmat Gobel langsung meminta tim segera menyalurkan bantuan bagi korban yang ada di lokasi bencana. Bantuan ini merupakan tahap kedua, setelah tahap pertama disalurkan," kata staf ahli Rahmat Gobel, Miksan Yapanto di posko  Kabupaten Gowa, Rabu.

Ia mengatakan, penyaluran bantuan tersebut dipercayakan oleh Andi Yuslim Patawari selaku ketua tim relawan untuk mengkoordinasikan bantuan sampai di lokasi bencana.

Untuk bantuan tahap pertama dan sudah sampai berupa obat-obatan, pakaian serta makanan bagi pengungsi.

Selanjutnya, untuk tahap dua didistribusikan tandon untuk wadah air bersih yang diperlukan bagi pengungsi, pembalut,, selimut, makanan kaleng dan beberapa barang lainnya yang dibutuhkan masyarakat agar bisa beraktivitas kembali.

Bantuan yang disalurkan sesuai kebutuhan dan permintaan dari posko pengungsian.

Ditanya apakah penyaluran bantuan ini akan berkesinambungan, kata dia, tetap dilanjutkan sembari melihat kondisi.

Sedangkan rencana kehadiran Rahmat Gobel akan turun ke lokasi bencana, masih dicarikan waktu yang tepat serta melihat perkembangan terbaru.
Koordinatio sukarelawan Andi Yuslim Patawari (kiri) menujukkan bantuan berupa selimut kepada Staf Ahli, Rahmat Gobel, Miksan Yapanto (kanan) sesuai item bantuan dari Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel yang dikirim ke lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (22/7/2020). (FOTO ANTARA/Darwin Fatir).



Koordinator Relawan Rahmat Gobel, Andi Yuslim Patawari menyebutkan bantuan tahap dua ini disalurkan 10 buah tandon, ratusan selimut, pembalut dan makanan kaleng. Selain itu, mengingat saat ini masih pandemi COVID-19, pihaknya juga mendistribusikan masker.

"Masker ada 1.000 kita kirim ke sana untuk dibagikan kepada warga terdampak. Saya juga meminta agar seluruh tim relawan tidak terburu-buru mengantar bantuan dan setiba di lokasi agar mematuhi protokol kesehatan COVID-19, selain menjaga diri juga tidak menyusahkan orang yang ada disana," katanya.

Mengenai jumlah bantuan yang dikirimkan ke lokasi bencana, kata dia, sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari posko penanganan bencana di Luwu Utara.

Ia pun terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat terkait dengan distribusi bantuan kemanusiaan apa saja yang dibutuhkan.

"Koordinasi terus kita lakukan dengan pemda serta tim penanganan bencana di sana, jangan sampai distribusi logistik yang disalurkan ini salah sasaran. Ini adalah misi kemanusiaan dan sudah sepatutnya kita saling membantu satu sama lain di kala terjadi musibah," demikian Andi Yuslim Patawari.

Baca juga: IDI Makassar kirim bantuan tahap tiga ke Masamba

Baca juga: Mensos berikan bantuan untuk masyarakat Luwu Utara

Baca juga: Lantamal VI salurkan bantuan bagi warga terdampak banjir di Masamba

Baca juga: Unismuh Makassar salurkan bantuan untuk korban banjir Luwu Utara

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020