Hingga tanggal 30 Juni 2020 saat setelah adanya AKB, ditemukan sebanyak 19 kasus positif, namun setelah itu kasus COVID-19 terus meningkat dan sampai saat ini sudah tembus 97 kasus
Cirebon, Jabar (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Enny Suhaeni mengatakan lonjakan kasus COVID-19 di daerah itu sudah diprediksi oleh Gugus Tugas, terutama pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

"Kami dari tim Gugus Tugas memahami bahwa AKB ada risiko tinggi peningkatan kasus COVID-19, di Kabupaten Cirebon," katanyadi Cirebon, Minggu.

Ia menjelaskan selama 44 hari diberlakukannya AKB yaitu dari tanggal 27 Juni sampai 9 Agustus 2020,di Kabupaten Cirebon sudah ada peningkatan kasus yang cukup signifikan.

Disebutkannyan bahwa hingga tanggal 30 Juni 2020 saat setelah adanya AKB, ditemukan sebanyak 19 kasus positif, namun setelah itu kasus COVID-19 terus meningkat dan sampai saat ini sudah tembus 97 kasus.

Akan tetapi, kata dia, untuk laju pertumbuhan kasus sampai saat ini adalah 2,20 dan angka positif rate sebanyak 0,49 persen.

"Tapi jumlah positif ini masih bisa dikendalikan, karena maksimal positif rate itu 5 persen, di kita kurang dari 1 persen," katanya.

Meskipun demikian kata dia,, adanya penambahan kasus dari hari ke hari, terutama pada saat AKB menunjukkan masyarakat Kabupaten Cirebon, belum sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Dan bahkan AKB ini seolah-olah, kehidupan sudah kembali normal, padahal virus corona jenis baru ini yang menyebabkan COVI-19 masih belum ditemukan obatnya," katanya.

"Pemahaman bahwa AKB seolah-oleh bebas dan sebagian masyarakat termasuk kita sudah longgar dan abai untuk patuh pada protokol kesehatan," tambahnya.

Untuk itu pihaknya terus mengimbau kepada masyarakat dan semua kalangan agar tetap menaati protokol kesehatan COVID-19, agar virus ini bisa dicegah penyebarannya, demikian Enny Suhaeni ​​​​​​.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Cirebon bertambah dua orang

Baca juga: Ada pedagang positif Corona, 3 pasar tradisional Cirebon ditutup lagi

Baca juga: Bertambah dua orang, positif COVID-19 di Cirebon-Jabar naik 16 orang

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 di Cirebon sembuh

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020