sebagai langkah untuk mempromosikan wisata bahari di Pariaman
Pariaman, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat bersama komunitas di daerah itu akan mengibarkan Bendera Merah Putih di dalam laut pada Sabtu (15/8) guna memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

"Ini sebagai pengganti kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang saat ini tidak boleh mengundang orang banyak karena masih suasana COVID-19 serta sebagai langkah untuk mempromosikan wisata bahari di Pariaman," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman Hendri di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan pengibaran Bendera Merah Putih tersebut merupakan yang ketiga kalinya dalam rangka memperingati hari kemerdekaan tingkat Kota Pariaman yang pada tahun ini kegiatan itu diiringi penanaman terumbu karang.

Ia menyampaikan kegiatan itu dilaksanakan dekat Pulau Bando yang rangkaiannya dimulai dari Jumat (14/8) sampai Minggu (16/8).

Hendri mengatakan kegiatan tersebut tidak saja untuk memeriahkan peringatan HUT RI dan menjaga keberlangsungan biota laut namun juga untuk mempromosikan wisata bahari di Kota Pariaman kepada masyarakat luas.

Baca juga: Pameran Foto "Old and New Indonesia" meriahkan HUT RI ke-75 di Ceko

Baca juga: Indonesia maju, optimisme di tengah pandemi


"Ini bisa memperkenalkan keindahan bawah laut di Pariaman kepada pecinta olahraga selam," katanya.

Diketahui lokasi tempat pengibaran bendera tersebut sering dijadikan sebagai lokasi tujuan wisata minat khusus oleh wisatawan yang mencintai wisata bawah laut.

"Namun selama ini wisata yang dibuka secara masal hanya Pulau Angso Duo, Pulau Kasiak, dan Pulau Ujung, namun nanti ke Pulau Bando akan dibuka secara masal," ujarnya.

Komunitas tersebut yaitu Komunitas Merah Putih Pariaman yang di dalamnya terdapat komunitas Tabuik Diving Club, serta sejumlah lembaga swadaya masyarakat.

Ia menyebutkan setidaknya 17 penyelam akan mengibarkan Bendera Merah Putih di dalam laut yang nantinya akan mengundang dan mengikutsertakan sejumlah pihak.

"Kami juga mengundang Direktur Utama TVRI karena ada kaitannya dengan HUT TVRI pada 24 Agustus 2020," ujar dia.

Ia menambahkan pengibaran bendera tersebut nantinya akan ditayangkan di TVRI sehingga warga Pariaman dan masyarakat luas lainnya dapat menyaksikannya. 

Baca juga: Kulon Progo laksanakan upacara HUT ke-75 RI secara terbatas dan daring

Baca juga: PPSU Tebet Timur hiasi Terowongan Cawang dengan mural

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020