Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan merasa bangga dengan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri yang mendapatkan penghargaan dari Presiden Joko Widodo berupa tanda jasa "Medali Kepeloporan".

"Penghargaan tersebut sangat membanggakan," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, seluruh keluarga besar PDI Perjuangan mengucapkan selamat atas penghargaan yang diberikan oleh Presiden Jokowi kepada Megawati Soekarnoputri berupa tanda jasa "Medali Kepeloporan" atas jasa-jasa dan prestasi luar biasa dalam merintis, mengembangkan, dan memajukan pendidikan, perekonomian, sosial, seni, budaya, agama, hukum, kesehatan, pertanian, kelautan, lingkungan.

"Ibu Megawati Soekarnoputri dalam kapasitasnya sebagai Presiden Ke-5 RI terbukti mampu menyelesaikan krisis multidimensional; menghadirkan kepemimpinan rekonsiliatif-gotong royong dengan susunan kabinet paling kompak dan terbaik pasca reformasi 1999.

Bahkan Kabinet Gotong Royong itu hingga saat ini dikenang sebagai "the dream team" karena leadership, profesionalitas, dan kemampuannya di dalam menyelesaikan masalah bangsa dan negara, serta meletakkan masa depan yang lebih baik.

"Bukan hanya itu saja, kepemimpinan Megawati menghadirkan pemilu yang paling demokratis pasca 1955," kata Hasto.

Menurut dia, banyak sudah yang dilakukan putri sang proklamator Bung Karno itu. Antara lain, membentuk lembaga yang visioner, sehingga pantas jika Presiden Jokowi memberikannya penghargaan.

"Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, Badan Narkotika Nasional, Lembaga Penjamin Simpanan, Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Densus 88, Komnas HAM, Komnas Perempuan, Komnas Anak, Komnas Lansia, Sekolah Polwan, Polisi Pariwisata, dan Sekolah BIN, adalah contoh bagaimana negara hadir bagi setiap warga bangsa," tutur Hasto.

Hasto juga mengungkapkan, sosok Megawati yang paling peduli terhadap lingkungan.

"Perhatian Beliau terhadap kelestarian flora, fauna dan lingkungan hidup sangat luar biasa. Selain secara periodik bertemu dengan perwakilan penerima kalpataru, Ibu Megawati juga menjadi Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia. Seluruh anggota dan kader partai diajarkan bagaimana mencintai bumi," kata Hasto.

Baca juga: Megawati: Kebutuhan pangan diperlukan di tengah ancaman resesi

Dalam perspektif kepemimpinan manajemen modern apa yang dilakukan Megawati Soekarnoputri dikategorikan sebagai kepemimpinan yang membangun organisasi, dimana suatu kepemimpinan yang mengedepankan daya hidup negara dengan meletakkan tata pemerintahan yang kuat, profesional dan sistemik serta visioner.

"Selamat untuk Ibu Megawati Soekarnoputri. Keyakinan politik menghadapi berbagai tekanan kekuasaan selama Orde Baru, terbukti dikalahkan oleh kekuatan moral," kata Hasto Kristiyanto.

Diketahui, Presiden Jokowi memberikan tanda kehormatan ke sejumlah tokoh, dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-75 RI, salah satunya kepada Megawati.

Baca juga: Kata Megawati, calon kepala daerah harus mampu kelola pemerintahan

Baca juga: Pemimpin milenial untuk 2024? Ini kata Megawati

Baca juga: PDI Perjuangan pastikan kedepankan kualitas kadernya

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020