satu warga yang sempat dirawat sudah dinyatakan sembuh
Seirampah (ANTARA) - Lima warga Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, terkonfirmasi positif COVID-19 usai kelimanya menjalani tes usap dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) test.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Serdang Bedagai, Akmal di Seirampah, Senin, mengatakan, dua orang positif  dilaporkan pada 28 Agustus 2020.

Keduanya adalah insial HT (Pr, 29), warga Sei Bamban dan TK (Lk, 78), warga Perbaungan. Keduanya dinyatakan positif berdasarkan hasil PCR test yang dilakukan di RS Murni Teguh.

Kemudian, Minggu (30/8) bertambah lagi sebanyak tiga orang. Ketiga korban ini adalah insial AS (Lk, 25), N (Pr, 46) dan RN (Lk, 41). Seluruhnya berdomisili di Kecamatan Perbaungan.

Lebih lanjut Akmal mengatakan selain adanya penambahan korban positif COVID-19, bersamaan juga terjadi penambahan pasien sembuh.

Baca juga: 15 warga Serdang Bedagai sembuh dari COVID-19

Baca juga: Positif COVID-19 di Serdang Bedagai bertambah 26 kasus


"Kita bersyukur salah satu warga yang sempat dirawat sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani tes PCR dan hasilnya negatif berturut-turut.

Identitas warga yang pulih ini adalah R (Lk, 38). Yang bersangkutan merupakan warga Kecamatan Perbaungan dan penyintas COVID-19 dari kluster yang tercipta di salah satu perusahaaan swasta di Pantai Cermin.

Perkembangan kasus positif dan juga warga yang pulih tersebut, lanjut dia, membuat angka suspek COVID-19 di peta sebaran Kabupaten Serdang Bedagai menjadi 132 kasus.

Dengan rincian 66 orang telah dinyatakan sembuh, 62 warga yang positif COVID-19 sedang menjalani isolasi mandiri maupun perawatan di RS rujukan serta 4 orang positif meninggal dunia.

Mengingat angka COVID-19 yang terus meningkat, ia meminta agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

"Gunakan masker saat beraktivitas, rajin cuci tangan yang benar dengan sabun, terapkan physical distancing atau jaga jarak serta jaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur," katanya.

Baca juga: Tiga tenaga kesehatan di Serdang Bedagai positif COVID-19

Baca juga: Enam tenaga medis, positif COVID-19 di Serdang Bedagai-Sumut naik

Pewarta: Juraidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020