Makassar (ANTARA) - Para siswa dan guru sekolah di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, telah menerima subsidi kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebesar 35 GB tiap bulan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pangkep Muslimin Yusuf SPd dikonfirmasi dari Makassar, Jumat, mengatakan subsidi kuota internet dari Kemendikbud sudah digunakan untuk kelancaran proses belajar mengajar secara daring.

"Sudah ada beberapa sekolah yang siswa dan gurunya menerima kuota internet. Untuk yang lainnya masih menunggu pencairan," katanya.

Baca juga: Wali murid katakan bantuan kuota internet ringankan beban

Baca juga: Kemendikbud: Verifikasi dan validasi nomor ponsel siswa terus berjalan


Terkait kondisi belum menyeluruhnya pendistribusian kuota internet ke siswa di Pangkep, ia memperkirakan karena keterlambatan pihak sekolah mengurus atau mendaftarkan data siswanya ke pihak Kemendikbud.

Pihaknya juga mengingatkan kepada setiap sekolah memastikan nomor telepon siswa yang di input dalam dapodik memang tidak ada masalah sehingga mempermudah proses pendistribusian.

Disdik Pangkep mengakui bantuan subsidi kuota internet dari pemerintah begitu membantu para orang tua dan guru di daerahnya.

Ia menjelaskan, bulan Agustus 2020 status Pangkep masih dalam zona orange COVID-19. Artinya sesuai petunjuk belum bisa membuka sekolah tatap muka tanpa rekomendasi tim gugus tugas COVID-19 sehingga kebutuhan kuota internet begitu penting dalam memaksimalkan belajar dari rumah.

Baca juga: Kemendikbud minta sekolah segera tuntaskan pendataan nomor HP siswa

Baca juga: Legislator minta Kemendikbud bijak terkait kuota internet gratis

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020