Saya berharap Prodi magister terapan Seskoau ini dapat menjadi unggulan dan terdepan bidang strategi operasi udara dengan standar global, serta menjadi 'center of excellence on air and space science' pada tahun 2029
Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan Politeknik Angkatan Udara dan membuka Program Studi Magister Terapan Strategi Operasi Udara pada Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) melalui video telekonferensi dari Gedung Raden Suryadi Suryadarma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.
 
Acara tersebut selain dihadiri langsung Sekjen Kemendikbud RI juga diikuti secara virtual oleh Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, Irjenau, Koorsahli Kasau, para Panglima dan Komandan, Kasespim Lemdiklat Polri, para Dansesko Angkatan, para Asisten Kasau, Gubernur AAU, Dankoharmatau, dan para Kepala Dinas jajaran Mabesau.
 
Kasau mengatakan, guna mewujudkan pembangunan sumber daya manusia unggul sebagai salah satu prioritas untuk menuju Indonesia maju, TNI AU terus berupaya meningkatkan kualitas di sektor pendidikan melalui literasi prajurit sebagai salah satu prioritas guna mewujudkan Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

Baca juga: Perkuat kerja sama, Kasau kunjungi Markas Basarnas
Baca juga: Kasau: Wara harus kembangkan "mindset" sesuai paradigma baru
 
"Seskoau sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan pengembangan umum tertinggi di TNI AU, harus menjadi unsur yang menghasilkan SDM yang unggul dan profesional, melalui pengembangan karakter para perwira menengah agar memiliki literasi yang baik, wawasan yang luas, pemikiran yang visioner, kepemimpinan yang inklusif, serta manajemen dan pengetahuan tentang strategi operasi udara yang mumpuni," tegas Fadjar dalam keterangan tertulisnya.
 
Menurut dia, peluncuran Politeknik Angkatan Udara dan pembukaan Prodi Magister Terapan Strategi Operasi Udara di Seskoau adalah bentuk upaya TNI AU menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin dinamis.
 
Seskoau adalah satu-satunya lembaga pendidikan di Indonesia yang berfokus pada pengembangan keahlian pada bidang operasi udara dan strategi serta perencanaan operasi udara.
 
"Saya berharap Prodi magister terapan Seskoau ini dapat menjadi unggulan dan terdepan bidang strategi operasi udara dengan standar global, serta menjadi 'center of excellence on air and space science' pada tahun 2029," ujar Marsekal bintang empat ini.
 
Pada kegiatan tersebut dilaksanakan penyerahan dokumen dari Kemendikbud kepada TNI AU dilanjutkan pemberian cinderamata dari Kasau kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim serta pemberian 500 buku dari Kasau kepada Danseskoau.

Baca juga: Dua pesawat F-16 Program Falcon Star-eMLU memperkuat Lanud Iswahjudi
Baca juga: Dua pesawat F-16 Program Falcon Star eMLU kembali mengudara

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020