warga di desa tersebut sangat bergantung pada air hujan
Mataram (ANTARA) - Lembaga sosial kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 20 ribu liter untuk warga Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, yang terdampak kekeringan di musim kemarau.

Kepala Cabang ACT NTB, Lalu Muhammad Alfian, di Mataram, Senin, mengatakan distribusi bantuan air bersih di Kecamatan Jerowaru penting dilakukan karena merupakan lokasi terparah kekurangan air bersih pada musim kemarau.

"Kami sudah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 20.000 liter pada Ahad (27/9). Bantuan air bersih diangkut menggunakan empat mobil tangki," katanya.

Ia menyebutkan bantuan air bersih tersebut dibagikan kepada warga dua dusun, yaitu Dusun Sengkelok, dan Dusun Temodo, Desa Seriwe, Kecamatan Jerowaru. Jumlah kepala keluarga yang memperoleh bantuan air bersih sebanyak 200 orang.

Baca juga: ACT-MRI salurkan air bersih untuk warga Lombok Barat

Menurut Alfian, ratusan kepala keluarga di dua dusun Desa Seriwe tersebut kesulitan memperoleh air bersih sebab, daerahnya tidak pernah turun hujan sejak April hingga September 2020.

"Warga di desa tersebut sangat bergantung pada air hujan untuk kebutuhan sehari-hari," katanya. Kondisi tersebut menyebabkan mereka terpaksa mengeluarkan uang untuk membeli air bersih dari pedagang yang menggunakan mobil tangki.

"Biaya yang dikeluarkan untuk membeli air bersih sebesar Rp20 ribu per hari. Mau tidak mau harus beli untuk kebutuhan memasak, mencuci dan beribadah," ujarnya.

Untuk itu, ACT bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Lombok Timur, mengambil tindakan nyata berupa pendistribusian air bersih kepada warga Desa Seriwe yang sangat membutuhkan.

Baca juga: ACT-MRI salurkan bantuan air bersih di Bima

Penanggung Jawab aksi ACT-MRI Lombok Timur, Muhammad Ramli, mengatakan distribusi bantuan air bersih tersebut memang ditujukan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan.

Pihaknya mengambil lokasi sasaran bantuan yaitu yang secara geografis sangat sulit dijangkau dan potret masyarakat terbelakang.

"Untuk itu, kami mengajak para dermawan untuk ikut terus membantu saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan air bersih, khususnya yang berada di Jerowaru," ucap Muhammad.

Baca juga: Pipanisasi air di Sembalun-Lombok dibangun bersama ACT-Jepang

Pewarta: Awaludin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020