... Anggota itu sudah pernah mencari dan memeriksa ke tempat sekolah, namun murid yang meminjam sudah tidak sekolah lagi...
Jayapura (ANTARA) - Pejabat Polda Papua membantah video yang beredar di media sosial yang menampilkan seorang polisi bernama Andi JR, putra asli Papua dari Kabupaten Yahukimo, yang menyatakan dia bersedia tergabung dengan orang-orang yang menamakan diri TPN/OPM itu, tidak benar atau alias kabar bohong.

"Video itu diunggah pada Kamis 8 Oktober 2020 oleh akun Facebook West Papua. Dalam video itu berisi salah satu polisi di Yahukimo yang menyatakan sikap berhenti dari (dinas aktif) Kepolisian Indonesia dan bergabung dengan TPNPB-OPM," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Musthofa Kamal, di Jayapura, Papua, Sabtu.

Baca juga: Kepala Polda Papua: Kelompok bersenjata eksis di Intan Jaya

Ia menjelaskan bahwa pakaian dinas milik Brigadir Polisi Satu Andi JR dalam video itu merupakan pakaian yang dipinjamkan pada 12 Agustus 2020 kepada salah satu siswa sekolah di Yahukimo untuk digunakan dalam karnaval dalam rangka HUT RI di sana, namun belum dikembalikan sampai saat ini.

"Anggota itu sudah pernah mencari dan memeriksa ke tempat sekolah, namun murid yang meminjam sudah tidak sekolah lagi," katanya.

Baca juga: Penembakan terhadap TGPF diduga dilakukan kelompok Sabinus Waker

Kini, kata dia, Polda Papua melalui Tim Siber Dit Reskrimsus Polda Papua masih menyelidiki hal itu, termasuk identitas pelaku yang membuat dan menyebarkan video itu.

"Terkait hal ini kami imbau kepada seluruh masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial dan tidak mudah percaya dengan posting-an atau kabar yang belum tentu sahih kebenarannya. Jika menerima informasi atau kabar agar ditelusuri sumbernya hingga tidak menjadi sumber keresahan di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Baca juga: Anggota TGPF Intan Jaya tertembak sekembalinya dari Hipadipa

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020