RS Tolikara siapkan tiga ruang isolasi untuk pasien COVID-19

RS Tolikara siapkan tiga ruang isolasi untuk pasien COVID-19

Suasana pengarahan terhadap terkonfirmasi COVID-19 di Kota Jayapura (ANTARA/Musa Abubar)

Jayapura (ANTARA) - Manajemen Rumah Sakit Tipe C Pratama Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua telah menyiapkan tiga ruang isolasi bagi pasien terkonfirmasi terpapar COVID-19 dan juga mobil khusus untuk mengangkut pasien corona.

Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, Yusak Toto Krido Saksono ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Senin, mengatakan Rumah Sakit Tipe C Pratama Tolikara menyiapkan tiga ruangan isolasi untuk pasien COVID-19. Selain ruangan, ada juga mobil khusus yang sudah disiapkan.

Menurut Yusak yang juga Asisten II Sekda Kabupaten Tolikara itu, tenaganya juga selalu siap siaga di ruang isolasi untuk melayani pasien COVID-19. Jika ada pasien COVID-19 maka masuk dan dilayani di tiga ruangan isolasi tersebut.

Lanjut dia, apabila ada pasien COVID-19 yang ada penyakit penyerta yang mengakibatkan yang bersangkutan parah seperti tidak bisa jalan dengan baik maka langsung dirujuk ke RSUD Wamena, Kabupaten Jayawijya.

Baca juga: IDI harap tes usap gratis bagi seluruh tenaga kesehatan

Baca juga: Tes usap gratis bagi kontak erat pasien COVID-19 di Puskesmas


Selain itu, pihaknya juga sudah bisa melakukan tes cepat kesehatan COVID-19 (rapid tes) dan juga tes usap (swab). Untuk hasil swab, setelah dilakukan sampelnya dikirim ke Jayapura untuk pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui hasilnya.

"Hingga kini belum ada penetapan harga untuk masyarakat yang melakukan swab dan rapid tes, masih gratis. Untuk rapid tes sudah ratusan orang," katanya.

"Swab masih digratiskan kepada masyarakat di Tolikara, kami tidak pungut biaya, masih di biaya oleh Pemerintah Kabupaten Tolikara, begitu juga dengan rapid tes COVID-19," tambah dia.

Baca juga: Rasio uji swab Sumsel penuhi anjuran WHO

Baca juga: Pemprov Jambi tambah kapasitas tes PCR COVID-19

 
Pewarta : Musa Abubar
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020