kabupaten itu adalah Ende, Sumba Barat Daya, Sumba Timur dan Lembata
Kupang (ANTARA) - Empat dari 21 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil keluar dari zona merah COVID-19 dan kembali ke zona hijau, setelah semua pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh.

"Ke-empat kabupaten itu adalah Kabupaten Ende, Sumba Barat Daya, Sumba Timur dan Kabupaten Lembata," kata Sekretaris GTPP Provinsi NTT, Dominikus Mere di Kupang, Rabu.

Baca juga: GTPP: Satu kabupaten di NTT belum dijamah COVID-19

"Saat ini empat kabupaten sudah masuk zona hijau. Masih ada 17 daerah yang masih berada di zona merah COVID-19," kata mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT ini.

Dia berharap masyarakat di empat daerah ini selalu mematuhui protokol kesehatan yakni mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar bisa tetap berada di zona hijau.

Baca juga: Warga sembuh dari COVID-19 di NTT capai 69,09 persen

Baca juga: Pasien COVID-19 di NTT bertambah 14 orang


Domi Mere juga meminta tim gugus tugas di daerah untuk tidak henti-hentinya mengajak warga agar selalu patuh pada protokol kesehatan.

"Selain meningkatkan pengawasan terhadap lalu lintas manusia dari dan ke daerah, yang berpotensi menjadi penyebar virus Corona jenis baru (COVID-19)," katanya.

"Kita semua harus memiliki kesadaran yang sama untuk tetap mematuhui protokol kesehatan. Tanpa adanya kesadaran, setiap upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 akan sia-sia," katanya.

Baca juga: KKP Kupang: ABK MV Kurt Paul berbendera Antigua sembuh dari COVID-19

Baca juga: Pasien COVID-19 di NTT bertambah menjadi 572 orang

 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020