Kampanye 3M terus digencarkan di Purbalingga menyusul masih terjadinya penambahan kasus COVID-19 di wilayah ini
Purbalingga, Jateng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah terus memperkuat kampanye 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna menekan penyebaran COVID-19.

"Kampanye 3M terus digencarkan di Purbalingga menyusul masih terjadinya penambahan kasus COVID-19 di wilayah ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga, Sabtu.

Dia mengatakan disiplin menerapkan 3M pada saat ini menjadi kunci penting untuk menekan risiko penyebaran COVID-19.

"Selain menggencarkan program tes cepat dan tes usap kami juga memperkuat sosialisasi guna meningkatkan pemahaman masyarakat," katanya.

Dia juga mengatakan pada saat ini penambahan kasus COVID-19 di wilayah ini masih terus terjadi, dan terdiri dari berbagai klaster.

"Ada kasus yang merupakan klaster perkantoran, klaster keluarga, mobilitas perjalanan, hingga penularan lokal," katanya.

Upaya pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19, kata dia, perlu didukung kesadaran masyarakat dalam menerapkan 3M dan protokol kesehatan lainnya.

"Masyarakat juga menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19, karena itu harus selalu mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Sementara itu dia juga kembali menginformasikan adanya penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah ini sebanyak 15 orang, sehingga secara total menjadi 354 kasus orang.

"Pada hari Jumat (30/10) kemarin secara total tercatat ada 339 orang dan hari Sabtu ini bertambah 15 menjadi 354 orang," katanya.

Dia juga menjelaskan dari 354 pasien positif tersebut, 241 telah sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, 8 orang meninggal dunia dan 105 orang lainnya masih dirawat intensif di fasilitas kesehatan yang ada di wilayah ini," katanya.

Melihat perkembangan tren kenaikan kasus COVID-19 tersebut pihaknya kembali mengajak masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kami kembali menegaskan bahwa meskipun tingkat kesembuhan pasien cukup tinggi namun tren kasus COVID-19 di wilayah ini juga masih mengalami kenaikan," katanya.

Ia mengatakan bahwa hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus berupaya menekan jumlah kasus COVID-19 di wilayah setempat.

"Kami terus berupaya menekan pertambahan kasus COVID-19 dengan menggencarkan program 3T yakni pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing) dan pengobatan (treatment).

"Kami terus berupaya mengoptimalkan program 3T," demikian Hanung Wikantono ​​​​​​.

#satgascovid19 #jagajarak #cucitanganpakaisabun #pakaimasker

Baca juga: Cegah COVID-19, operasi masker diintensfikan di Purbalingga-Jateng

Baca juga: Bupati sebut Purbalingga akan berlakukan jam malam

Baca juga: Pemkab Purbalingga Jateng siapkan dua lokasi karantina ODP


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020