Distribusi surat suara dari Surabaya paling tidak dalam pekan ini mengingat KPU membutuhkan waktu untuk menyortir logistik pilkada ini.
Kupang (ANTARA) - Surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Belu dan Malaka, Nusa Tenggara Timur, hingga Senin belum diterima KPU di dua daerah itu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu Michael Nahak ketika dihubungi ANTARA di Kupang, Senin, membenarkan bahwa pihaknya belum menerima logistik pilkada tersebut.

"Perkiraan saya masih dalam perjalanan. Mungkin sudah sampai tetapi masih dicek terlebih dahulu, atau menunggu pembongkaran muatan," kata Michael Nahak terkait dengan logistik Pilkada 2020 di Kabupaten Belu.

Ia memperkirakan pekan ini logistik tersebut sudah tiba, kemudian pihaknya melakukan penyortiran terhadap surat suara tersebut sekitar 1 pekan.

Terkait dengan logistik lainnya, seperti kotak suara dan tinta, serta keperluan untuk penerapan protokol kesehatan pada pilkada serentak, 9 Desember mendatang, dia menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan hal itu.

"Kota suara sudah kami siapkan semua, malah sudah dirakit. Nah, sekarang tinggal menunggu surat suara saja," kata Michael Nahak.

Baca juga: Surat suara Pilkada Riau tiba di wilayah terjauh Kepulauan Meranti

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Malaka Makarius mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan kotak suara dan perlengkapan logistik lainnya. Namun, khusus surat suara pilkada, pihaknya belum menerimanya.

"Iya, benar untuk surat suara hingga saat ini belum tiba. Dalam beberapa hari ke depan sudah kami terima," kata Makarius.

Makarius mengatakan bahwa distribusi surat suara dari Surabaya paling tidak dalam pekan ini mengingat pihaknya membutuhkan waktu untuk menyortirnya.

Pada kesempatan itu dia menyebutkan jumlah kontak suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka sebanyak 407 unit. Logistik pilkada ini akan dibagikan ke setiap tempat pemungutan suara masing-masing satu kotak suara.

Ia pun berharap agar pelaksanaan pilkada di NTT dapat berjalan aman dan damai, apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang hingga kini masih melanda dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga: KPU Jatim: Pencetakan surat suara Pilkada 2020 selesai 23 November

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020