Mentok, Babel (ANTARA) - Sebanyak 119 orang warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di tempat pemungutan suara (TPS) khusus.

"Seluruh tahapan pemungutan suara yang digelar di dalam Rutan Mentok berjalan baik dan kondusif," kata Kepala Rutan Mentok Abdul Rasyid Meliala di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan 119 pemilih yang merupakan warga binaan tersebut sudah masuk dalam daftar pemilih tetap Pilkada 2020.

Proses pemungutan suara di lokasi itu dilayani para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang seluruhnya merupakan petugas Rutan Mentok dengan pantauan petugas pengawas TPS dan Bawaslu Kabupaten Bangka Barat.

Baca juga: Mencermati ancaman kerawanan Pilkada Lamongan
Baca juga: Pilkada Medan, pasangan Akhyar-Salman menang di TPS Aulia mencoblos
Baca juga: Kotak kosong raih 15 suara di TPS calon Wali Kota Semarang Hendi


"Warga binaan antusias melaksanakan hak pilihnya," ujarnya.

Jumlah pemilih di TPS khusus Rutan Mentok sebanyak 119 dari 108 yang terdata dalam DPT ditambah 11 orang pemilih yang menggunakan formulir A5 atau surat keterangan pindah memilih.

Ketua Bawaslu Bangka Barat Rio Febri Pahlevi mengatakan pelaksanaan pemungutan suara di TPS khusus berjalan tertib dan sesuai mekanisme.

"Kami juga melakukan pemantauan dan pengawasan di lokasi itu, saya menilai TPS ini paling tertib, baik dari petugas maupun pemilih, waktu dan juga mekanismenya," kata Rio.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020