Jakarta (ANTARA) - XL Axiata memastikan kesiapan jaringan menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di semua layanan saat menghadapi liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 sehingga tidak terjadi gangguan saat dipergunakan.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, di sepanjang libur akhir tahun di mana kedua hari besar tersebut berada, trafik layanan, terutama data selalu meningkat secara signifikan. Pada dua tahun terakhir, trafik data meningkat hingga 15 persen," kata Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dikatakan, meskipun masih dalam kondisi pandemi dan adanya pengurangan hari libur bersama, perusahaan memperkirakan tetap akan ada peningkatan trafik data sekitar 10 persen dibandingkan hari biasa.

Baca juga: XL Axiata perluas jaringan di wilayah terpencil Indonesia

Kapasitas jaringan yang sediakan sebesar 2 kali dan perkirakan trafik data berpotensi naik meski masyarakat tidak bisa merayakan Natal dan pergantian tahun secara leluasa. Masyarakat akan tetap merayakannya secara virtual, termasuk umat Nasrani akan melalukan misa Natal dan bersilaturahmi secara streaming.

Begitu juga untuk mengisi libur panjang hingga akhir tahun, selain bepergian, masyarakat luas kemungkinan akan mengisi masa libur panjang dengan berbagai aktivitas digital karena harus membatasi keluar rumah.

"Lokasi-lokasi tujuan wisata tetap mendapatkan perhatian khusus tim XL Axiata, demikian juga dengan jalur mudik utama, terutama jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, serta jalur utama kereta api," katanya.

Untuk itu, tim XL Axiata telah melaksanakan uji jaringan melalui semua jalur transportasi tersebut pada bulan November - Desember 2020 untuk memastikan semua jaringan telah siap. Untuk jalan tol, uji jaringan dilaksanakan pada ruas Jakarta – Surabaya, Jakarta – Bandung, Surabaya – Malang, Surabaya – Probolinggo, Jakarta - Bakaheuni, serta Bakaheuni – Palembang.

Baca juga: Industri telekomunikasi hadapi perang harga

Sementara itu untuk jalur kereta, pengujian dilakukan di jalur Jakarta – Semarang – Surabaya, Jakarta – Yogyakarta – Surabaya, Surabaya – Banyuwangi, dan Surabaya – Bandung. Hasil dari uji jaringan di jalur transportasi utama tersebut menunjukkan kualitas jaringan XL Axiata yang cukup baik, yaitu diatas 95 persen telah terlayani oleh jaringan 4G dan 93 persen bersinyal kuat.

Selain itu, persiapan lain berupa pengerahan tidak kurang dari 30 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok.

Titik-titik lokasi yang dimaksud antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara. Secara umum, ada sedikitnya 104 lokasi wisata yang menjadi perhatian tim XL Axiata, yang berpotensi terjadi peningkatan trafik.

Selain lokasi tujuan wisata dan jalur transportasi, perusahaan juga tetap memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di area pemukiman. Bagaimana pun juga, selama masa pandemi trafik di area pemukiman masih terus tinggi. Hal ini tentu tidak terlepas dari aktivitas pelanggan dan masyarakat yang memang masih dilakukan dari rumah guna menghindari paparan COVID-19.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020