PMI Baubau buka posko donasi korban bencana Sulbar

PMI Baubau buka posko donasi korban bencana Sulbar

Alumni Geologi Unhas berfoto bersama sebelum menyalurkan bantuan ke pada para korban gempa di Sulbar. ANTARA/HO

Kendari (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka posko donasi di pelataran pantai Kamali untuk korban bencana gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) hingga 20 Januari 2021.

Ketua PMI Kota Baubau Yulia Widiarti melalui pesan WhatsApp di Kendari Selasa mengatakan pembukaan posko donasi tersebut sesuai imbauan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla agar seluruh PMI provinsi dan kabupaten/kota mengambil peran membantu korban bencana di Sulbar.

Baca juga: Bakamla kerahkan KN Singa Laut bawa bantuan ke Sulbar

"Untuk posko yang di buka PMI Kota Baubau menerima donasi berupa uang, obat-obatan, tenda, alat tidur, alat mandi, dan perlengkapan masak," ungkap Yulia Widiarti.

Dikatakannya, selain membuka posko donasi, PMI Baubau juga menggalang dana dengan mendatangi langsung kantor – kantor organisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal dan BUMD.

Baca juga: MPR: Perlu tindakan cepat beri bantuan korban bencana

Sejumlah organisasi kemanusiaan di Baubau lanjut Yuli, juga turut bergabung dalam penggalangan dana oleh PMI Baubau, salah satunya organisasi Maluku Satu Rasa.

Selain itu ada sejumlah organisasi di Kabupaten Buton Selatan yang melakukan kegiatan serupa juga akan menyalurkan donasi yang terkumpul kepada PMI Baubau untuk disalurkan kepada korban bencana.

Baca juga: TNI AU angkut 14 ton bantuan untuk korban gempa Sulbar

Terkait penyaluran donasi kepada korban bencana kata Yuli, PMI Baubau akan berkoordinasi terlebih dulu kepada PMI Provinsi Sultra untuk memastikan donasi dikirim langsung oleh PMI Baubau atau melalui PMI Provinsi Sultra.

"Yang pasti PMI Baubau siap menyalurkan langsung bantuan tersebut kepada korban bencana dengan armada yang kita miliki. Termasuk kita juga siap menurunkan relawan jika memang dibutuhkan," pungkasnya.
Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021