Lemkapi: Listyo Sigit akan mulus lewati uji kelayakan

Lemkapi: Listyo Sigit akan mulus lewati uji kelayakan

Dokumentasi - Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit musnahkan barang bukti narkotika di halaman Mako Polda Metro Jaya, Kamis (2/6/2020). ANTARA/Fianda Rassat/aa.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan memprediksi calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan mampu melewati secara mulus uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1).

"Melihat sosok calon Kapolri yang sangat bersahaja, kami optimistis, Pak Listyo Sigit mulus disetujui DPR menjadi Kapolri," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: KBPP Polri nilai Komjen Listyo sosok tepat mengayomi masyarakat

Baca juga: Mendagri sebut Komjen Sigit orang cerdas dan tegas


Menurut pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini, selain memiliki kinerja baik, Listyo Sigit juga memiliki kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak.

"Kita lihat beberapa hari terakhir, Listyo Sigit aktif melakukan komunikasi dengan para mantan kapolri, politisi, dan tokoh masyarakat serta ulama," katanya.

Dia mengatakan kondisi internal Polri juga sangat kondusif mendukung calon Kapolri yang akan menggantikan Jenderal Pol Idham Azis karena memasuki masa pensiun pada 1 Pebruari 2021.

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini meyakini Listyo Sigit bisa melakukan perubahan besar di tubuh Polri setelah nanti dilantik Presiden sebagai Kapolri.

"Hasil penelitian Lemkapi dalam tiga bulan belakangan juga menunjukkan tingkat kepercayaan terhadap sosok Listyo Sigit sangat tinggi. Selain berkinerja bagus juga dinilai bersih dan tegas dalam penegakan hukum," katanya.

Baca juga: DPR harapkan makalah calon Kapolri jabarkan mitigasi ancaman keamanan

Listyo Sigit saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim). Dia juga pernah menjadi Ajudan Presiden Joko Widodo, Kapolda Banten, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri dan Kapolresta Solo saat Presiden Joko Widodo masih menjabat sebagai Walikota Solo,

Sebelumnya, Rabu (13/1), Presiden Joko Widodo telah menyampaikan surat kepada DPR RI tentang persetujuan Listyo Sigit sebagai Kapolri. DPR RI memiliki waktu 20 untuk memproses surat itu.

Komisi III DPR RI telah bertemu dengan Kompolnas serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menggali keterangan soal calon Kapolri itu.

Pada Rabu (20/1), Komisi III DPR RI akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan Listyo Sigit. Hasil uji itu akan dibawa ke rapat paripurna untuk menentukan persetujuan Listyo Sigit sebagai calon Kapolri.

Baca juga: Kompolnas jelaskan mekanisme rekomendasikan nama calon Kapolri

Baca juga: Komisi III tanyakan rekam jejak Listyo Sigit pada Kompolnas
Pewarta : Santoso
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021