RSUP Adam Malik operasi pemisahan bayi dempet dada dan perut

RSUP Adam Malik operasi pemisahan bayi dempet dada dan perut

Seorang pria menunjukkan foto bayi kembar siam Adam dan Aris yang mengalami penyatuan di bagian dada dan perut sebelum menjalani operasi pemisahan. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Medan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam Adam dan Aris yang mengalami penyatuan di bagian dada dan perut.
 
Operasi berlangsung pada Rabu, di ruang operasi Gedung Central Medical Unit (CMU) RSUP Haji Adam Malik.
"Saat ini operasi masih berlangsung, mohon doa dukungan. Kita mulai operasi dari jam 08.00 WIB dan sampai saat ini belum ada kendala," kata Sekretaris Tim Penanganan Bayi Kembar Siam RSUP Haji Adam Malik dr Rizky Adriansyah MKed (Ped) SpA(K).
 
Adam dan Aris adalah anak dari pasangan Nur Rahmawati (26) dan Supono (32), asal Dusun Sei Kelapa II, Desa Tanjung Haloban, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.
 
Rizky menyebutkan kedua bayi tersebut juga mengalami pendempetan pada beberapa organ dalam, yakni hati dan dinding jantung.
 
"Dempetnya sebagian besar di daerah perut, sebagian kecil di bagian dada. Bagian dalam tubuh yang menempel terutama hati dan dinding jantung," katanya.
 
Adam dan Aris merupakan bayi kembar siam dempet keempat yang ditangani RSUP Adam Malik, setelah sebelumnya sudah berhasil memisahkan bayi kembar siam Mariana-Mariani asal Aceh Timur pada tahun 2005, Sahira-Fahira dari Asahan pada 2017 dan Adam-Malik dari Tapanuli Utara pada 2019.
 
 
Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021