Prajurit Lantamal VI lepas KRI dr SHS-990 ke Surabaya

Prajurit Lantamal VI lepas KRI dr SHS-990 ke Surabaya

KRI dr Soeharso (SHS)-990 di Pelabuhan Peti Kemas Hatta sebelum kembali ke pangkalannya Koarmada II Surabaya, Selasa (2/2/2021). ANTARA / HO/Dispen Lantamal VI

Makassar (ANTARA) - Prajurit Lantamal VI Makassar melepas KRI dr Soeharso (SHS)-990 kembali ke pangkalannya di Koarmada II Surabaya setelah melaksanakan misi kemanusiaan sebagai rumah sakit untuk korban gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat,

"Akhirnya kapal legenda Rumah Sakit terapung milik TNI AL ini kami lepas dengan penuh rasa haru di Dermaga Layang, Lantamal VI," kata Asrena Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Nunung Suhartono mewakili Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, KRI SHS-990 yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Alam TNI AL Sulbar ini bertugas berdasarkan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono untuk mendukung misi kemanusiaan yang termasuk dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

"Selama kurang lebih 11 hari sandar di dermaga Lanal Mamuju, Sulbar, salah satu KRI yang menjadi kebanggaan TNI AL ini telah membantu banyak korban yang terdampak bencana alam gempa seperti warga yang patah tulang akibat tertimpa reruntuhan bangunan yang rusak," katanya.

Nunung berharap pengabdian kru dan tim KRI SHS-990 selama di Sulbar ini dapat menambah catatan sejarah dan kebanggaan sebagai bagian dari TNI AL dalam menjalankan tugas misi kemanusiaan.

Sebelum acara pelepasan di dermaga Peti Kemas Hatta, Makassar, Komandan KRI SHS-990 Letkol Laut (P) Agus Joko S mengatakan KRI ini telah menyelesaikan semua tugasnya dalam menjalankan misi kemanusiaan di Sulbar serta telah membawa semua anggota Satgas Penanggulangan Bencana Alam TNI AL Sulbar dan material yang dipergunakan kembali ke Makassar.

"Kami sandar di Makassar pada hari Jum'at (29/1) kemarin dan selama beberapa hari sandar, kami melaksanakan bekal ulang untuk melanjutkan pelayaran menuju Koarmada II Surabaya," katanya.

KRI milik TNI AL tersebut telah berjasa dalam membantu pelayanan kesehatan terhadap para warga masyarakat yang terdampak bencana alam gempa yang terjadi pada 15 Januari 2021 dini hari di Sulbar ini. Kru KRI dan tim media bahu-membahu dalam menjalankan misi kemanusiaan tanpa mengenal lelah kurang lebih dua pekan.
KRI dr Soeharso (SHS)-990 di Pelabuhan Peti Kemas Hatta sebelum kembali ke pangkalannya Koarmada II Surabaya, Selasa (2/2/2021). ANTARA / HO/Dispen Lantamal VI
Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021