Kemarin, aturan Vaksin Gotong Royong hingga rencana impor vaksin

Kemarin, aturan Vaksin Gotong Royong hingga rencana impor vaksin

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam webinar di Jakarta, Jumat (26/2/2021). ANTARA/Indriani/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pengunjung Antaranews pada Jumat (26/2), mulai dari aturan tentang pelaksanaan Vaksin Gotong Royong hingga rencana impor vaksin Moderna dan Sinopharm untuk mempercepat penanganan COVID-19.

1. Kemenkes terbitkan Permenkes atur pelaksanaan Vaksin Gotong Royong
Kementerian Kesehatan menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang mengatur tentang Program Vaksin Gotong Royong atau vaksin mandiri yang dilakukan oleh perusahaan swasta pada karyawan dan buruh.

"Vaksinasi Gotong Royong bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Indonesia untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity," kata Juru Bicara Vaksin COVID-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers daring yang dipantau di Jakarta, Jumat. (26/2).

2. BMKG peringatkan gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mewaspadai gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY.

"Saat ini di Samudra Hindia selatan Jabar terdapat tekanan rendah yang mencapai 997 hektopascal," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Jumat (26/2).

3. Bio Farma-Kimia Farma akan impor vaksin Moderna-Sinopharm
Induk perusahaan holding BUMN Farmasi, PT Bio Farma (Persero), akan menjadi importir vaksin Moderna dari Amerika Serikat, sedangkan anak perusahaannya, PT Kimia Farma Tbk, akan menjadi importir vaksin Sinopharm asal China, yang akan digunakan dalam Program Vaksinasi Gotong Royong atau vaksin mandiri.

"Bio Farma sudah jajaki dan melakukan pembicaraan supply vaksin dengan prinsip harus berbeda dengan vaksin program pemerintah. Contohnya kami mulai melakukan kerja sama pembicaraan dengan Sinopharm, perusahaan vaksin dari Beijing China dengan platform teknologi inactivated sama dengan Sinovac," kata Juru Bicara Vaksin COVID-19 dari PT Bio Farma Bambang Heryanto dalam konferensi pers daring yang dipantau di Jakarta, Jumat

4. Presiden: Konektivitas digital harus berpegang pada kedaulatan
Presiden Joko Widodo mengatakan konektivitas digital harus berpegang teguh kepada kedaulatan bangsa di tengah globalisasi dan hiperkompetisi.

"Konektivitas digital harus berpegang teguh kepada kedaulatan bangsa di tengah di tengah globalisasi dan hiperkompetisi seperti sekarang ini," kata Presiden pada Peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional COVID-19, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2).

5. BTNGM akan pantau kerusakan hutan terdampak erupsi Gunung Merapi
Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) akan melakukan pemantauan kawasan hutan di lereng Gunung Merapi terutama di sisi barat untuk melihat tingkat kerusakan vegetasi akibat terdampak erupsi pada tahun ini.

"Pemantauan akan kami lakukan dengan menggunakan pesawat tanpa awak untuk bisa melihat detail kerusakan vegetasi yang berada di lereng Gunung Merapi di sisi barat daya," kata Kepala BTNGM Pujiati di Sleman, Jumat (26/2).
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021