...sengaja diadakan tujuan nantinya bisa kumpulkan dana untuk 50 persennya pengembangan UMKM, 50 persen lagi pembinaan pegolf junior
Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Golf Pondok Indah bekerja sama dengan Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta berencana menggelar turnamen golf di Bali pada 14-15 Agustus mendatang.

Rencana tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali seusai menerima kunjungan Anton Tjahjono dari Perkumpulan Golf Pondok Indah didampingi Ketua Umum PGI DKI Jakarta Reza Rajasa di Kantor Kemenpora, Rabu.

“Saya menerima Pak Anton dan teman-teman sebagai panitia untuk turnamen golf yang diberi judul The Bali Golf Challenges. Ini adalah inisiatif komunitas golf dan juga kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Zainudin dalam siaran pers, Rabu.

Baca juga: Im Sung-jae ingin jadi pegolf Asia pertama juarai World Championships

Menurut Zainudin, inisiatif tersebut merupakan langkah yang bagus demi menggeliatkan kembali kompetisi olahraga nasional di tengah situasi pandemi COVID-19. Penyelenggaraan turnamen golf itu juga menjadi pesan kepada masyarakat, baik dalam maupun luar negeri, bahwa olahraga Indonesia kini sudah kembali berjalan.

Dengan digelarnya turnamen-turnamen semacam itu, tak hanya kegiatan olahraga yang kembali berjalan, tetapi ekonomi masyarakat juga dapat menggeliat lagi, mengingat sport tourism atau industri pariwisata sektor olahraga sangat terdampak dengan adanya pandemi COVID-19.

Ia mendorong agar turnamen golf menjadi salah satu daya tarik wisata di Indonesia terutama bagi wisatawan dari luar negeri seperti yang telah dilakukan Thailand di mana golf merupakan bagian dari pemasukan devisa.

Baca juga: PDIP dukung lapangan golf Kemayoran jadi hutan kota

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Golf Pondok Indah Anton Tjahjono mengatakan pihaknya juga mendorong sport tourism khususnya golf untuk meningkatkan kegiatan ekonomi di daerah-daerah.

"Dalam rangka turnamen ini, sengaja diadakan tujuan nantinya bisa kumpulkan dana untuk 50 persennya pengembangan UMKM, 50 persen lagi pembinaan pegolf junior," ujar Anton.

Ketua Umum PGI DKI Reza Rajasa juga berharap turnamen dapat kembali bergulir karena para pegolf junior sudah sangat merindukan kompetisi setelah hampir satu tahun terhenti.

"Pegolf-pegolf junior sangat merindukan acara kompetisi-kompetisi dan ini acara yang baik yang dilakukan Perkumpulan Pondok Indah dan Kemenpora,” katanya.

Baca juga: Jones catat 61 pukulan untuk pimpin PGA Honda Classic

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021